facebook

Traveling Minim Budget ? Siapa Takut, Ini tipsnya!

vanecia conery
Traveling Minim Budget ? Siapa Takut, Ini tipsnya!
(Sumber: Shutterstock)

Menjelang liburan, pasti banyak dari kalian yang sudah memiliki plan untuk berlibur bersama orang terkasih. Entah itu saudara, teman, keluarga, atau pasangan. Biasanya, jika ingin bepergian pasti Anda melakukan persiapan yang matang entah itu dari tiket, mobil, tujuan wisata, dan uang yang harus disiapkan untuk jajan.

Semuanya pasti perlu persiapan yang matang. Rasanya ikhlas nggak sih cape-cape kerja, tapi dibuang begitu aja hanya untuk jalan-jalan yang cuman sebentar? Eits jangan sedih! 

Sekarang, mau jalan kemana aja, dengan budget minim pun tetep bisa kok. Asal, kalian juga sabar dan teliti. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini untuk tahu tips-tipsnya!

1. Beli tiket pesawat di jam tertentu

Tak banyak yang tahu, bahwa beberapa maskapai memiliki harga yang berbeda dari jam normal. Artinya apa ya? Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah di jam 06.00 pagi hingaa 00.00 dini hari. Pada jam tersebut, penawaran yang diberikan akan lebih murah dibanding biasanya.

Hal ini terjadi karena, maskapai biasa menganggap bahwa pada jam tertentu, mungkin banyak pelanggan yang sudah beristirahat. Nyatanya, tak sedikit pelanggan yang rela bergadang hanya untuk mendapat tiket murah lho! Selain itu, Apakah Anda tahu bahwa harga tiket pesawat yang ada di aplikasi dengan harga dari travel itu berbeda?

Nah, hal ini juga belum banyak diketahui lho. Biasanya harga travel jauh lebih murah terlebih jika Anda pergi secara rombongan. Anda dapat membeli tiket dengan harga 1 pax yang lebih murah. Anda dapat menggunakan tips ini untuk membandingkan dengan harga aplikasi. Eits, tentunya Anda harus berhati-hati dengan mencari travel yang trusted ya!

2. Menyewa penginapan murah

Selain tiket, Anda juga dapat mencari penginapan murah di berbagai aplikasi dan melakukan perbandingan yang sesuai dengan budget Anda. Jika Anda pergi secara rombongan, maka Anda dapat mengatur pembayaran dengan patungan. Tentunya harga akan jauh lebih murah dan tidak terasa berat. Biasanya, banyak jenis penginapan yang akan muncul jika Anda juga melakukan filter terhadap pencarian. 

3. Membuat daftar anggaran

Anggaran mengambil peran penting dalam traveling. Anda wajib mengatur pengeluaran agar tidak over. Sesuaikan dengan kebutuhan, biasanya Anda dapat memulai dengan membuat daftar pengeluaran dari uang untuk membeli tiket, sampai kepada tahap oleh-oleh. Jika anggaran sudah disiapkan dengan baik, dan Anda pintar dalam mengelola pengeluaran, dijamin traveling Anda terasa lebih seru tanpa harus memikirkan biaya. 

4. Hindari traveling di akhir pekan

Banyak dari kita yang memilih berlibur di tanggal merah, atau berbarengan dengan tanggal ketika semua karyawan pasti libur. Salah? Tidak juga. Tetapi, alangkah baiknya untuk bepergian di hari biasa agar tujuan wisata Anda tidak terlalu ramai pengunjung.

Biasanya, di tanggal merah pun harga tiket, tempat wisata akan jauh lebih mahal karena banyak dari mereka berani untuk menaikkan harga karena merasa ramai dan dapat meningkatkan penjualan.

Nah kira-kira tips di atas dapat membantu kalian yang sedang bingung pengen jalan-jalan tapi takut over budget! Semoga artikel ini dapat membantu Anda sebagai referensi jika ingin pergi berlibur dan jngan lupa untuk terus menjaga protokol kesehatan di masa pandemi ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak