alexametrics

Temukan Ide Menarik untuk Tulisanmu Lewat 5 Cara Ini, Yuk!

Denisa Shafadila
Temukan Ide Menarik untuk Tulisanmu Lewat 5 Cara Ini, Yuk!
Ilustrasi orang yang sedang berpikir. (Pixabay/fizkes)

Menjadi seorang penulis merupakan pekerjaan yang terlihat menyenangkan. Namun, siapa sangka, kamu harus bisa memiliki banyak ide agar bisa dikembangkan dalam tulisanmu lho. Tidak jarang, kamu pun sering kehabisan ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan.

Padahal, ide merupakan hal utama yang harus ditemukan ketika kamu akan mengerjakan sesuatu. Tenang guys. Artikel ini akan membahas mengenai 5 cara yang bisa kamu lakukan agar dapat dengan mudah menemukan ide tulisan. Penasaran? Yuk, baca ulasannya berikut ini!

1. Nonton film atau series

Jika kamu merupakan orang yang sangat suka menonton, entah itu series maupun film, mendapatkan ide tentu bukan menjadi hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Film maupun series yang kamu lihat itu bisa menjadi inspirasi di mana ide-ide akan berdatangan dengan sendirinya. Bukan berarti menjiplak film atau series tersebut, tetapi kamu bisa mengembangkan cerita sesuai dengan keinginanmu sendiri.

2. Tulis pengalaman kamu sendiri

Telah melewati hidup selama bertahun-tahun, pasti akan ada  banyak cerita menarik yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan. Seperti yang kamu tahu, pengalaman ada agar manusia bisa belajar darinya. Oleh karena itu, jika kamu menuangkan pengalamanmu ke dalam tulisan, maka orang lain pun juga bisa belajar dari pengalaman yang kamu miliki tersebut.

3. Tulis apa yang sedang kamu rasakan

Apa yang sedang kamu rasakan saat ini juga bisa menjadi sebuah ide dalam tulisan lho. Misalnya saja kamu sedang merasakan kebingungan terhadap hubunganmu dengan teman maupun pasanganmu, maka hal itu bisa dituangkan menjadi sebuah tulisan. Dari kerisauan yang sedang kamu alami, kamu tidak hanya bisa mendapatkan jawaban, tetapi juga bisa mendapatkan ide untuk menulis.

4. Melihat karya penulis hebat

Kamu mungkin sudah memiliki nama penulis yang sangat kamu gemari. Bahkan, menjadikannya motivasi dalam menulis. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang baik, sebab dari situlah ide akan bermunculan. Jika kamu memiliki orang yang bisa dijadikan sebagai idola, kamu akan merasakan bahwa kamu harus terus menulis sampai menghasilkan karya yang bisa dibilang lebih baik daripada idolamu tersebut. 

5. Perbanyak membaca

Dengan memperbanyak membaca, tentu pengetahuanmu akan semakin bertambah. Ketika pengetahuan sudah bertambah banyak, maka ide-ide akan terus bermunculan. Selain itu, kamu bisa melakukan pendalaman pada idemu tersebut dengan semakin tajam, sebab kamu sudah mendapatkan berbagai informasi dari kegemaran membaca yang kamu lakukan. Orang dengan wawasan luas jelas akan memiliki lebih banyak ide daripada orang yang jarang membaca dan tidak mau mencari informasi.

Semoga kelima hal di atas bisa membantu kamu agar lebih mudah dalam menemukan ide menulis ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak