facebook

5 Cara Menciptakan Kebahagiaan Versi Diri Kamu Sendiri!

Denisa Shafadila
5 Cara Menciptakan Kebahagiaan Versi Diri Kamu Sendiri!
Ilustrasi orang yang bahagia (Pixabay/Stockfour).

Hidup memang menyimpan banyak misteri bagi manusia. Kamu tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada hari esok. 

Oleh karena itulah, tidak selamanya hidup bisa berjalan mulus. Ada berbagai rintangan dengan berbagai perasaan yang muncul. Entah itu bahagia maupun kesedihan.

Hidup tentunya akan lebih menyenangkan jika selalu diselimuti dengan rasa bahagia. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap hidup bahagia, meskipun dengan caramu sendiri.

1. Bersyukur atas hal-hal yang dimiliki

Rasa syukur bisa membawa manusia dalam kehidupan damai. Sebab dengan syukur, kamu tidak akan pernah merasa kekurangan. Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar dapat hidup dengan bahagia adalah selalu bersyukur atas segala hal yang kamu miliki.

Walaupun itu merupakan hal yang kecil dan sederhana, kamu harus tetap mensyukurinya. Tidak semua orang bisa mendapatkan apa yang kamu dapatkan. 

Oleh karena itu, daripada sibuk membandingkan hidup, lebih baik mensyukuri apa yang kamu miliki.

2. Memaafkan diri sendiri

Manusia adalah tempatnya salah dan mungkin kamu juga pernah melakukan beberapa kesalahan dalam hidup. Namun, terjebak terus-menerus dalam rasa bersalah hanya akan menambah beban pikiranmu.

Jika kamu bersalah, maka cukup akui, minta maaf kepada orang yang telah kamu sakiti, dan yang tidak kalah penting adalah kamu harus bisa memaafkan diri kamu sendiri. 

Hidup terus berjalan, jangan hanya terus-terusan fokus terhadap kesalahan yang kamu perbuat, tapi fokuslah pada apa yang bisa kamu perbaiki di masa depan.

3. Beri hadiah untuk diri sendiri

Memberi hadiah kepada orang lain memang baik untuk dilakukan. Namun, jangan sampai lupa, terkadang kamu juga harus memberikan apresiasi terhadap dirimu atas pencapaian yang telah kamu capai.

Jangan sedih jika orang lain tidak bisa memberikan hadiah untukmu, sebab kamu pun bisa melakukannya sendiri. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai hal ini malah membuatmu lupa diri hingga akhirnya melakukan pemborosan.

4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Saat sudah melakukan berbagai kegiatan maupun pekerjaan, tubuhmu tidak jarang akan mengalami kelelahan. Oleh karena itu, beristirahatlah sejenak untuk menikmati berbagai kegiatan yang kamu sukai.

Jika kamu sangat suka menonton drama Korea, maka lakukanlah hal tersebut agar bisa membuat mood dan semangatmu kembali membaik. 

5. Berdamai dengan masa lalu

Masa lalu memang tidak selamanya membawa kenangan baik bagi kamu. Ada juga beberapa kenangan buruk yang harus siap kamu terima.

Namun, daripada terus-terusan terjebak dalam penyesalan dan kepahitan akibat kisah masa lalu yang buruk, lebih baik kamu mulai mengikhlaskan masa lalu tersebut dan berdamai dengan semuanya.

Bukan berarti harus melupakan, karena kenangan yang sudah terbentuk tidak mungkin dapat dilupakan begitu saja. Dengan ‘ikhlas’ terhadap apa yang sudah pernah terjadi, maka kamu bisa melanjutkan kehidupan tanpa beban lagi.

Sejatinya kebahagiaan memang tercipta dari diri kita sendiri. Jangan pernah menggantungkan kebahagiaan pada orang lain sebab mereka belum tentu bisa memenuhi ekspektasi kita akan kebahagiaan tersebut.

Orang yang benar-benar bisa diandalkan hanyalah diri kita sendiri. Oleh karena itu, mari mulai menciptakan kebahagiaan versi kamu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak