facebook

10 Ide Konten TikTok untuk Bantu Promosi Bisnis, Bisa Bikin Laris Manis!

hestika yustisia
10 Ide Konten TikTok untuk Bantu Promosi Bisnis, Bisa Bikin Laris Manis!
Ilustrasi seseorang sedang membuat konten (Unsplash/Mateus Campos Felipe)

Tahukah kalian, berdasarkan data Statistika, Indonesia merupakan negara kedua dengan pengguna TikTok terbanyak di dunia pada tahun 2020. Dengan pengguna aktif mencapai 22,2 juta. Wah banyak sekali, bukan?

Bagi kalian para pebisnis hal tersebut tentunya tidak akan disia-siakan, bukan? Hal ini bisa menjadi peluang untuk melakukan promosi produk maupun layanan kalian.

Kalian dapat membagikan berbagai konten TikTok untuk menjangkau konsumen ataupun mengedukasi mengenai produk atau layanan. Berikut merupakan beberapa ide konten TikTok yang dapat kalian buat untuk membantu  menjangkau konsumen:

1. Memperkenalkan produk/layanan

Memperkenalkan produk ataupun layanan kalian tentunya menjadi kewajiban, jika ingin memulai promosi melalui TikTok. Perkenalkan produk apa yang kalian tawarkan. Mengapa mereka harus menggunakan produk kalian. Apa yang menjadi kelebihan dari produk kalian. Jelaskan hal-hal tersebut melalui konten.

2. Memperkenalkan perusahaan

Kalian dapat membuat video timelapses ketika meeting atau sedang melakukan packing order. Kalian juga dapat membuat konten mengenai bagaimana kalian membuat produk tersebut, mulai dari bahan mentah sampai bahan jadi. Selain memperkenalkan perusahaan lebih dalam, juga dapat memperkenalkan tim kalian. Agar lebih seru, kalian bisa bermain game bersama tim dalam konten tersebut. 

3. Perjalanan bisnimu

Konten yang menggambarkan bagaimana bisnismu berkembang. Bagaimana kamu memulai bisnismu sampai pencapaian yang saat ini kamu dapatkan. Kalian bisa menceritakan apa alasan kalian memulai bisnis ini, siapa saja orang yang ada di balik layar, bagaimana strategi yang kalian lakukan sampai bisa membawa kalian ke tahap yang sekarang. Jangan takut merasa tersaingi hanya karena kalian membagikan perjalanan bisnis kalian karena ini dapat meningkatkan antusias penonton terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Daily vlog

Daily vlog menjadi konten yang banyak disukai orang-orang. Kalian dapat membuat konten bagaimana memulai menjalankan hari. Mulai dari bangun tidur, bersiap-siap menuju kantor, melakukan to do list yang biasanya harus dikerjakan, sampai kegiatan pulang kerja. Kalian dapat menunjukkan bagaimana kalian mengolah social media produk, melakukan photoshoot untuk produk, ataupun bertemu dengan klien atau partner.

5. Konten edukasi

Kalian bisa membuat konten yang menjelaskan manfaat dari setiap bahan di produk kalian ataupun bagaimana cara menggunakan produk kalian. Kalian juga bisa membuat konten DIY ataupun life hack.

Misalnya produk kalian merupakan produk kecantikan, maka kalian bisa mengedukasi para penonton dengan menjabarkan manfaat dari setiap bahan, alasan mengapa kalian menambahkan produk tersebut ke dalam produk kalian. Apabila produk kalian fashion, kalian bisa membuat konten mix and match.

6. Customer Experience

Membagikan konten mengenai customer experience akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kalian. Kalian bisa membagikan review produk yang dibagikan oleh konsumen kalian. Apabila produk merupakan kecantikan, kalian bisa mengajak orang untuk menggunakan produk kalian dan tunjukan perubahan yang terjadi selama berkala. Apabila produk kalian merupakan produk kosmetik, kalian dapat melakukan make over kepada orang lain menggunakan produk kalian tersebut.

7. Promosi produk/layanan

Informasikan promosi yang sedang kalian adakan. Baik itu berupa potongan harga, gratis ongkir, promo buy 1 get 1, giveaway, ataupun promosi lainnya. Selain itu, kalian bisa mempromosikan produk atau layanan yang baru saja kalian rilis. Kalian juga dapat menginformasikan mengenai event yang akan kalian gelar melalui konten TikTok.

8. Ikuti challenge dan trends

Mengikuti challenge trends akan membantu konten TikTok kalian dijangkau oleh banyak orang. Ditambahkan dengan penggunaan musik ataupun hastag yang sedang tren, dapat membantumu meningkatkan traffic pada akun TikTok.

9. Buat Q&A

Manfaatkan fitur Q&A di TikTok. Hal ini akan membantu kalian untuk banyak terlibat atau berinteraksi dengan penonton, yang berkemungkinan menjadi konsumen kalian nantinya. Melalui fitur ini pula dapat menambah inspirasi untuk ide konten baru berikutnya. Apabila kalian menggunakan fitur tersebut, kalian dapat menjawab pertanyaan atau komentar dari penonton kalian.

10. Melakukan kolaborasi

Kalian dapat melakukan kolaborasi dengan influencer maupun pengguna TikTok lainnya yang menggunakan produk kalian. Manfaatkan fitur Stich yang ada pada TikTok. Kalian bisa langsung merespons konten dari pengguna lain ketika kalian menggunakan fitur tersebut. Kalian juga bisa memberikan tanggapan atas konten dari pengguna lain.

Itulah 10 ide konten TikTok yang dapat kalian buat untuk membantu mempromosikan produk maupun layanan kalian. Jangan lupa untuk konsisten membuat konten di TikTok ya. Karena hal ini membantu kontenmu memiliki kesempatan lebih besar untuk sering muncul di FYP. Upload konten pada jam-jam sibuk juga ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak