alexametrics

Lengkapi Manu Utama dengan 5 Jenis Sambal Unik Asli Indonesia

Lintang Larissya
Lengkapi Manu Utama dengan 5 Jenis Sambal Unik Asli Indonesia
Ilustrasi Cabai [pixabay]

Bagi sebagian orang Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau makan tidak menggunakan tambahan sambal. Bahkan, makin pedas sambal, maka akan semakin menambah kenikmatan lauk utama.

Beberapa sambal yang sudah terkenal seperti sambal terasi, sambal matah, hingga sambal kecap memang sering terdengar. Tapi sudahkan kamu mencoba 5 sambal unik lain asal Indonesia ini? Yuk simak berbagai macam sambal asli Indonesia yang kaya rasa.

1. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak berasal dari Sumatera Selatan. Sambal Tempoyak sedikit berbeda dari sambal pada umumnya karena menggunakan campuran fermentasi buah durian atau yang biasa disebut warga sekitar dengan tempoyak.

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya menggunakan cabai merah, cabai rawit, kunyit, ikan teri atau ikan belibis, gula, garam, dan temporak kemudian diulek halus dan ditumis sampai harum.

2. Sambal Gami Mandai

Sambal Gami Mandai berasal dari Kalimantan Timur. Mandai yang berarti kulit buah cempedak yang difermentasi.

Buah cempedak dan nangka merupakan dua buah yang berbeda.

Untuk membuat sambal ini membutuhkan mandai yang sudah digoreng setengah kering, bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit, tomat, terasi, garam, dan minyak goreng.

3. Colo-colo

Sambal satu ini berasal dari Ambon, Maluku. Biasa disajikan bersama dengan ikan atau sate. Hanya membutuhkan tomat merah yang dipotong dadu, kecap manis, perasan air jeruk nipis, cabai rawit, dan bawang merah yang dipotong kecil lalu diaduk sampai merata, Anda sudah dapat menikmati kelezatan sambal colo-colo.

4. Sambal Tumpang

Di Jawa Tengah juga memiliki sambal khas, lho! Sambal yang terbuat dari tempe busuk atau tempe semangit ini ternyata sangat nikmat.

Resep membuat sambal Tumpang adalah membutuhkan tempe busuk, bawang, cabai merah, santan, daun jeruk, dan gula garam yang kemudian dicampur menjadi satu.

5. Sambal Pecak

Sambal Pecak banyak ditemukan di daerah Betawi dan Sunda sebagai pelengkap lauk pauk lainnya.

Cara membuatnya adalah dengan membuat sambal merah biasa menggunakan cabai, bawang merah, dan garam kemudian dicampur gula merah dan santan, kemudian dimasak menggunakan api kecil sampai berminyak. Sambal pecak siap disajikan.

Sudah coba sambal yang mana saja, nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak