alexametrics

Tips Mengasuh Anak di Era Digital Agar Tidak Kecanduan Ponsel

TanTan id
Tips Mengasuh Anak di Era Digital Agar Tidak Kecanduan Ponsel
Ilustrasi mengasuh anak di era digital. (pexels.com//Tatiana Syrikova)

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula generasinya. Para milenial sekarang sudah terbiasa dengan dunia digital, smartphone, dan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan mereka.

Kebiasaan mereka akan teknologi yang semakin maju, maka berbeda pula cara pendidikan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari banyak perbedaan dalam pendidikan anak. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan para orang tua dalam mengasuh anak di era digital:

1. Batasi tanpa mengekang

Hari gini masih dikekang? Mungkin anak-anak milenial bukannya patuh malah semakin membangkang. Kenapa? Bisa dibilang karena pikiran yang sudah terbuka dan jika dituntut dengan cara didik yang membuat mereka harus selalu patuh dan membuat mereka sulit bergerak.

Cukup berikan batasan pada mereka dan berikan penjelasan tentang akibat yang akan ditimbulkan bagi jika batasan itu dilanggar. 

2. Komunikasi yang baik

Di era digital ini membuat anak-anak semakin menyibukkan diri dengan teknologi yang ada. Itu juga membuat komunikasi orang tua dan anak terkadang kurang baik. Mereka tak dekat, bahkan takut untuk bertukar pikiran, baiknya orang tua membangun komunikasi yang baik bagi anak sedari mereka kecil.

Hal itu bisa membuat mereka lebih terbuka dan menjadi lebih dekat lagi. Sekarang orang tua sudah mulai memberikan gawai atau gadget untuk menenangkan anak berumur 2 tahun, saat sudah menjadi kebiasaan orang tua malah marah-marah dan melarang secara keras penggunaan gadget pada mereka, lalu yang salah siapa? Jangan biarkan anakmu lebih dekat dengan gadget dibanding kamu orang tuanya. 

3. Pendampingan

Ini juga penting untuk diperhatikan dalam mendidik anak milenial sekarang ini. Mendampingi anak juga akan membantu kita lebih baik dalam mengenal karakter dan kemauan anak itu sendiri. Para orang tua juga dapat memperhatikan apa yang anak lakukan, lingkungan pertemanan, cara bermain, bakat, dan banyak lainnya. 

Intinya, mendidik anak di era digital memanglah berbeda jika dibandingkan dengan zaman orang tua dulu. Anak milenial tak suka dikekang, mereka lebih suka berpendapat dan mengekspresikan keinginan mereka. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak