alexametrics

Bingung Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulitmu? Berikut 4 Tipsnya

Denisa Shafadila
Bingung Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulitmu? Berikut 4 Tipsnya
Berbagai jenis sunscreen (Pixabay/Firn).

Sunscreen merupakan salah satu elemen penting yang harus ada dalam daftar perawatan wajah kamu. Produk ini merupakan benda yang sangat ampuh untuk menghindarkan wajahmu dari buruknya efek radiasi sinar UV ke kulit.

Dengan begitu, sunscreen bisa menghindarkan kamu dari wajah yang kusam. Kegunaan sunscreen memang sangat penting untuk wajah. Namun, kamu harus bijak memilih sunscreen, utamanya yang cocok dengan jenis kulit kamu. 

Jika tidak disesuaikan dengan jenis kulit bisa-bisa kamu malah terkena masalah kulit lainnya karena tidak cocok dengan sunscreen yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, di bawah ini ada empat tips yang bisa kamu ikuti untuk dapat memilih sunscreen yang tepat bagi wajah kamu.

1. Pilih sunscreen sesuai dengan SPF yang dibutuhkan

Panduan minimal dalam memilih kandungan SPF pada sebuah sunscreen adalah 30. Hal tersebut menandakan bahwa kulitmu bisa mendapatkan perlindungan 30 kali lebih lama di bawah sinar matahari, daripada tidak menggunakan sunscreen

Kamu biasanya juga akan menemukan produk, misalnya pelembab dengan klaim sudah mengandung SPF. Namun, untuk hasil yang maksimal tetap gunakanlah sunscreen agar kulit wajahmu bisa tetap terlindungi dengan baik.

2. Gunakan takaran yang cukup saat menggunakan sunscreen

Banyak pendapat mengenai seberapa cukup kamu menggunakan sunscreen untuk wajah. Ada yang berpendapat dua jari cukup untuk melindungi wajah dan leher kamu. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kamu harus menggunakan sunscreen sebesar koin untuk perlindungan terhadap wajah dan leher.

Intinya adalah, jangan sampai kamu pelit menggunakan sunscreen. Jika takarannya sangat sedikit, maka percuma saja, sunscreen hanya akan melindungi beberapa bagian dari wajah kamu saja, tidak secara menyeluruh.

3. Ulangi pemakaian

Sama seperti produk skincare yang lain, penggunaan sunscreen ini juga tidak bisa bertahan selama seharian penuh. Oleh karena itu, kamu harus mengulangi pemakaiannya paling tidak setiap 3-4 jam sekali. 

Jika tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan bentuk spray yang sudah banyak diproduksi oleh berbagai merek skincare, baik di dalam maupun luar negeri.

4. Perhatikan keterangan “water resistant”

Memang tidak ada produk sunscreen yang menyatakan bahwa dirinya waterproof atau sweatproof. Cara memilih sunscreen yang tepat adalah dengan memperhatikan keterangan water resistant-nya.

Biasanya juga terdapat keterangan, seberapa lama atau dalam waktu berapa menit sunscreen ini dapat bertahan ketika kamu berenang atau berkeringat.

Bagi kamu yang memiliki aktivitas luar ruangan lebih banyak daripada di dalam ruangan, tentu hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Beberapa tips di atas bisa kamu terapkan ketika menggunakan sunscreen. Jika ingin hasil yang maksimal, kamu tidak bisa menggunakan sunscreen secara sembarangan begitu saja.

Pastinya, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak