facebook

4 Harapan yang Tidak Perlu Kamu Paksakan dalam Hubungan Persahabatan

Reza Hour
4 Harapan yang Tidak Perlu Kamu Paksakan dalam Hubungan Persahabatan
Ilustrasi persahabatan (pexels/Savannah Dematteo).

Jika kamu memiliki teman dekat, pasti tingkah lakumu akan jauh lebih peduli terhadapnya. Sampai-sampai ingin terus berada di sampingnya dalam kondisi senang maupun susah. Sehingga ujungnya, mempunyai harapan bahwa dirinya akan melakukan hal yang sama seperti apa yang telah kita lakukan untuknya.

Namun, kalau ada harapan yang kita paksakan kepada sahabatmu, jangan heran bisa sewaktu-waktu tali persahabatan bisa putus begitu sama. Selayaknya 4 macam harapan di bawah ini yang semestinya jangan kamu lakukan kepadanya.

1. Memaksanya untuk selalu berada di pihakmu

Jika kamu sedang dihadapkan masalah karena kecerobohanmu, tidak heran kamu mencari dia untuk bisa membelamu. Namun, jangan memaksa dirinya untuk berada di pihakmu.

Sebab, setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk memilih. Jangan heran jika dirinya justru berada di pihak yang netral kalau ada bukti yang menandakan kamu melakukan suatu kesalahan.

Pasti dirinya akan selalu memberikan masukan atau kritik kepada atas setiap perubuatan yang kamu lakukan. Semua itu dilakukannya untuk kebaikan dirimu, ya!

2. Kamu berharap dia bisa hadir ketika kamu membutuhkannya

Kalau kondisimu sedang terpuruk, pasti membutuhkan dirinya untuk sebagai teman curhat atau butuh hiburan. Faktanya, jangan terus berharap dia bisa selalu hadir disaat kamu membutuhkannya.

Sebab, dia juga pasti punya urusan yang mesti dia selesaikan juga. Bukannya dia tidak peduli denganmu. Namun, apa yang sedang kamu sedihkan saat ini, bukanlah jadi tanggung jawabnya, apalagi tidak ada sangkut pautnya dengan dia.

3. Menganggap bahwa sahabat harus untuk memiliki pendapat yang sama atas hal apa pun

Berapa lama pun kamu sudah beraahabat dengannya, bukan artinya memiliki pandangan atau minat yang sama. Sebab, setiap orang pastinya mempunyai keinginan yang berbeda-beda dalam hidup.

Namun, karena perbedaan tersebut justru bisa menyatukan kalian walaupun berbeda pandangan sekalipun. Jadi, jangan paksa dia untuk menyukai sesuatu hal yang sebenarnya tidak disukainya, ya!

4. Berharap tidak dapat dipisahkan

Sangking dekatnya kamu dengan sahabatmu, kamu tisak ingin dipisahkan dalam kondisi apapun. Hal ini memang sangat romantis jika memikiki hubungan persahabatan seperti ini.

Namun, keadaan realitanya bisa jauh berbanding terbalik dengan apa yang kamu pikirkan. Sebab, lambat laun pasti kalian akan semakin sibuk dengan kehidupan masing-masing.

Memiliki sahabat yang cocok dengan diri kita adalah salah satu hal yang paling berharga dalam kehidupan ini. Namun, jangan sampai bertingkah yang berlebihan agar hubungan persahabatan bisa tetap harmonis dan langgeng.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak