alexametrics

Tak Cuma Pasangan, 5 Hal Ini Penting Disiapkan di Usia 20-an jika Ingin Sukses!

Mualifah Putriana
Tak Cuma Pasangan, 5 Hal Ini Penting Disiapkan di Usia 20-an jika Ingin Sukses!
Ilustrasi anak muda (Freepik).

Menjadi dewasa bukanlah hal yang mudah. Seiring berjalannya waktu, banyak tuntutan yang harus kita jalani sebagai manusia dewasa. Berbagai problematika juga mulai muncul di usia ini.

Menginjak usia 20-an, kita tidak lagi bisa sepenuhnya bergantung pada orang lain. Sebab, apapun yang kita jalani sudah menjadi kewajiban dan juga tanggung jawab pribadi. Tapi, tahukah kamu hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk masa depan mulai dari usia 20an? 

Selain pasangan hidup, ada berbagai hal penting yang tentunya harus dipikirkan dan juga dipersiapkan dalam menjalani kehidupan, di antaranya adalah:

1. Pendidikan 

Pendidikan merupakan salah satu hal penting. Pendidikan membantu kita mendapatkan skill dan bekal untuk mengarungi kehidupan. Aspek ini nantinya akan membawa kita ke arah yang lebih baik. Semakin tinggi pendidikan yang kita miliki, maka kesempatan untuk memiliki kehidupan layak akan lebih besar pula.

2. Finansial

Banyak hal yang bisa dilakukan di usia 20 tahun untuk mulai menabung. Dari mulai bekerja, bisnis, dan lainnya, bisa di mulai dari usia 20 tahun. Selain belajar untuk mandiri, juga belajar untuk mengelola keuangan yang nantinya akan sangat berguna untuk kehidupan di masa mendatang.

3. Skill 

Selain pendidikan formal, ada banyak pendidikan non formal yang berfokus pada peningkatan skill. Seseorang yang memiliki skill akan lebih berkembang dan siap menghadapi kehidupan selanjutnya. Skill juga berguna untuk mencari pekerjaan, jadi apapun bakat dan kemampuan yang kamu miliki, akan lebih baik apabila bisa diasah serta dikembangkan.

4. Relasi 

Relasi bisa berarti banyak hal. Tidak hanya dengan partner atau orang yang baru kita kenal, relasi juga menyangkut hubungan baik dengan saudara dan keluarga. Semakin banyak relasi yang kita miliki, maka akan semakin mudah untuk membuka peluang pekerjaan di masa depan.

5. Pengalaman

Di usia 20 tahun, pengalaman merupakan salah satu hal penting yang perlu digali. Tidak sekadar pengalaman bekerja, tetapi juga bersosial, berkunjung ke banyak tempat baru, maupun mengikuti berbagai kegiatan yang akan bermanfaat untuk masa depan.

Nah 5 hal di atas perlu dipersiapkan saat usia 20-an agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak