alexametrics

Rawan Kecelakaan, Selalu Cek 4 Komponen ini di Kendaraanmu!

Diat Anugrah
Rawan Kecelakaan, Selalu Cek 4 Komponen ini di Kendaraanmu!
Ilustrasi lalu lintas (pixabay.com)

Akhir-akhir ini, sering terdengar banyak berita kecelakaan yang dialami oleh berbagai moda transportasi, mulai dari sepeda motor hingga bis dan truk besar. Hal ini bisa disebabkan oleh curah hujan tinggi yang kerap membuat jalanan menjadi licin.

Selain itu, kondisi kendaraan juga menjadi faktor penting dalam berkendara. Kondisi kendaraan yang tidak aman dapat memicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, selalu periksa bagian-bagian ini pada kendaraan kamu agar selalu dalam kondisi prima dan layak jalan. 

1. Rem

Salah satu aspek keamanan paling penting dalam sebuah kendaraan adalah rem. Tidak jarang kecelakaan terjadi karena rem blong, maka sangat penting selalu cek rem kendaraan kita setiap akan bepergian. Periksa apakah rem berfungsi dengan baik.

Jika rem masih menggunakan metode mekanis, perhatikan kondisi kabel rem. Pastikan tidak ada yang terputus atau akan putus. Sementara jika rem hidrolis, pastikan tidak ada kebocoran pada setiap komponen rem.

2. Roda

Selain rem, roda juga menjadi aspek keamanan yang sangat penting bagi kendaraan. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, di mana jalanan sering basah dan licin.

Periksalah kondisi ban mulai dari ketebalan hingga kondisi alur ban. Jika alur ban sudah mulai halus, artinya ban sudah tipis dan harus segera diganti. Selain rawan pecah, ban yang alurnya sudah tipis akan mudah tergelincir saat dibawa berkendara.  

3. Gear Set

Untuk sepeda motor, periksa juga kondisi gear set atau set rantai kendaraan kita, karena gear akan terus terkikis selama penggunaan. Periksalah gear, apakah masih layak digunakan atau tidak.

Ciri-ciri gear yang sudah tidak layak digunakan dan harus segera diganti adalah gigi-gigi sudah terlalu tajam atau rantai sering terlepas. Selain itu, periksa juga kondisi rantai, pastikan rantai mendapat pelumas yang cukup. 

4. Lampu-lampu

Komponen lampu juga menjagi aspek penting dalam berkendara khususnya pada malam hari. Lampu-lampu berfungsi untuk memberi tahu keberadaan kita pada kendaraan lain khususnya saat kondisi gelap. Selain itu, lampu sein berfungsi untuk memberi sinyal apabila kita akan berbelok, atau lampu hazard yang berfungsi dalam keadaan tertentu.

Lampu-lampu menjadi alat komunikasi antar pengemudi yang digunakan untuk saling berkoordinasi agar tidak terjadi tabrakan. Jadi, periksa setiap lampu kendaraan sebelum bepergian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah keempat komponen pada kendaraan yang perlu kamu perhatikan sebelum bepergian. Tetap hati-hati dan waspada di mana pun berada, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak