alexametrics

Tidak Harus Emas atau Saham, 4 Hal ini Bisa Jadi Investasi Menguntungkan

Diat Anugrah
Tidak Harus Emas atau Saham, 4 Hal ini Bisa Jadi Investasi Menguntungkan
ilustrasi investasi (pixabay.com)

Investasi menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh generasi muda akhir-akhir ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kini orang sudah mulai sadar mengenai pentingnya investasi sejak dini. Hal ini dikarenakan laju inflasi yang tidak terbendung, mengakibatkan nilai mata uang selalu turun. Jika hanya sekadar menabung dalam bentuk uang, maka nilainya akan ikut turun mengikuti laju inflasi.

Berbeda dengan menabung, investasi justru diyakini akan memberi keuntungan dengan menjanjikan nilai yang meningkat dari waktu-waktu. Itulah alasan kenapa banyak orang yang berminat untuk berinvestasi.

Instrumen investasi yang paling populer antara lain emas dan saham. Kedua instrumen tersebut menjanjikan keuntungan yang besar di kemudian hari. Namun, untuk dapat berinvestasi dengan instrumen tersebut, diperlukan modal yang tidak sedikit, sehingga belum semua orang dapat melakukannya.

Padahal, investasi tidak harus dengan dua cara tersebut, masih banyak tips yang lain. Bahkan bukan hanya investasi dengan barang, kita bahkan bisa berinvestasi dengan tindakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi cara  investasi dengan modal yang jauh lebih sedikit dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

1. Menanam Pohon

Sekarang ini, pembangunan berjalan dengan sangat pesat dan mengakibatkan banyak pohon-pohon menjadi korban, harus diganti oleh beton. Dengan menanam pohon hari ini, kita sebenarnya sedang menanam keuntungan untuk dipetik di kemudian hari. 

Keuntungan yang akan kita dapat antara lain supply oksigen dari pohon tersebut. Apalagi jika pohon yang kita tanam adalah pohon buah. Maka, jika sudah masuk usia berbuah, kita akan mendapat nikmat buah-buahan setiap tiba musimnya. Kita bahkan bisa mendapat keuntungan dengan menjual buah tersebut saat masa panen.

2. Berolahraga

Pernah dengar cerita orang kaya yang hartanya habis untuk berobat karena sakit-sakitan? Itulah bukti bahwa investasi tidak melulu soal uang. Namun, investasi kesehatan juga penting. Salah satunya dengan berolahraga. 

Dengan memiliki tubuh yang sehat, kita akan dapat melakukan banyak hal dengan leluasa sehingga akan menjadi lebih produktif. Selain itu, kita juga akan terhindar dari besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat.

3. Belajar dan Membaca Buku

Selain kesehatan, investasi ilmu juga tidak kalah penting. Dengan ilmu, kita dapat meraih banyak hal. Semakin banyak ilmu yang kita miliki dan bidang yang kita kuasai, semakin banyak pula pintu rezeki yang terbuka.

Mungkin saat ini kita menganggap suatu ilmu tidak kita butuhkan. Namun, bisa jadi di kemudian hari kita akan dihadapkan pada posisi yang membutuhkan ilmu tersebut untuk mendapat keuntungan, atau supaya terhindar dari masalah.

4. Memperbanyak Relasi

Pernahkah kamu menganggap bahwa memiliki 'orang dalam' akan memudahkan segala macam urusan? Pasti pernah. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa 'orang dalam' tersebut dapat dibentuk? Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memperbanyak relasi dari segala macam kalangan.

Dengan memperbanyak relasi, kita sedang memperbanyak 'orang dalam' yang kita miliki dan mungkin akan dibutuhkan di kemudian hari. Maka, bertemanlah dengan sebanyak mungkin orang. Barangkali, suatu hari teman-temanmu dapat membantumu dalam banyak hal.

Itulah investasi sederhana yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak