facebook

Bukan Hanya Menambah Wawasan, Inilah Manfaat Lain dari Membaca!

Kahfi Achmad Muharram
Bukan Hanya Menambah Wawasan, Inilah Manfaat Lain dari Membaca!
Ilustrasi Membaca Buku. (pexels.com//5682556)

Semua orang tentu mengetahui apa itu membaca. Meskipun tidak semua orang mengetahui secara definisi pasti, tapi kita semua pasti memahami konsep dari membaca. Membaca memiliki peran yang penting dalam sejarah peradaban manusia. Namun, apakah kamu tahu apa saja manfaat dari kegiatan membaca?

Tentu di sekolah kita sudah diberi tahu bahwa manfaat membaca adalah untuk menambah wawasan. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa manfaat membaca lebih dari itu dan sangat berguna untuk keberlangsungan hidup pribadi dan sesama? Berikut akan saya paparkan manfaat-manfaat dari kegiatan membaca.

1. Melatih kemampuan berpikir

Otak manusia itu ibarat pedang, semakin diasah maka akan semakin tajam. Begitu pula ketika kita jarang memakainya. Pedang akan tumpul, karatan, dan berdebu. Kondisi ini persis seperti membaca buku, semakin sering membaca maka cara berpikirmu semakin terlatih dan beragam.

2. Meningkatkan pemahaman

Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh manusia. Membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori.

3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Ada perbedaan dari orang yang membaca dan yang tidak membaca. Orang yang membaca mendapatkan sesuatu secara autentik atau discovery. Sementara, mereka yang tidak membaca juga mendapat sesuatu, tapi dari orang lain.

4. Mengasah kemampuan menulis

Selain karena wawasan dan menulis kamu semakin luas, kamu juga bisa memperlajari gaya-gaya menulis penyair atau pakar dengan membaca tulisan mereka. Selain kemampuan menulis, membaca juga bisa memperkaya ide dan gagasan kamu untuk bahan tulisan.

5. Mendukung kemampuan berbicara

Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreatifitas, dan kemampuan verbal yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Membaca akan memperkaya kosakata dan kekuatan kata-kata.

6. Meningkatkan konsentrasi

Orang yang suka baca akan memiliki otak lebih fokus. Oleh karena itu, pembaca akan memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan.

7. Keterampilan berpikir analitis

Pernahkah kamu membaca novel misteri yang penuh teka-teki? Kadang kamu perlu menyelesaikan bukunya untuk mengungkapkan misteri tersebut. Jika demikian, kamu termasuk orang yang dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis untuk mencatat setiap rincian dan mengungkapkan kesimpulan dari teka-teki itu.

8. Hiburan dan ketenangan

Membaca dapat menghasilkan ketenangan dan hiburan yang luar biasa. Kamu perlu mencobanya!

9. Membuat imajinasi tanpa batas

Membaca adalah kemampuan manusia untuk menangani keterbatasan, menjangkau imajinasi, dan menjadi panduan hidup. Dengan membaca, kamu bisa mengetahui bagaimana bentuk dari Unicorn tanpa harus melihatnya. Kamu bisa mengetahui kondisi kota Milan 100 tahun yang lalu, tanpa harus mengunjunginya. Seru, bukan?

Nah, begitulah kira-kira manfaat dari membaca yang sangat luar biasa. Bagaimana? sudah mulai tertarik untuk membaca? Ingat, untuk mencapai manfaat tersebut kita juga harus konsisten membaca setiap waktunya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak