alexametrics

Rekomendasi 5 Buku Favorit Bill Gates di Tahun Ini

hestika ya
Rekomendasi 5 Buku Favorit Bill Gates di Tahun Ini
Bill Gates (GatesNote)

Siapa yang tidak tau dengan tokoh satu ini? Bill Gates, seorang pendiri Microsoft, yang saat ini penemuannya digunakan oleh banyak orang. Kegemaran Bill Gates dalam membaca dapat dilihat dari personal blognya. Ia kerap kali memberikan rekomendasi buku yang telah dibacanya dalam rilisan artikel di laman pribadinya tersebut.

Baru-baru ini, Bill Gates telah merilis sebuah artikel di personal blognya dengan judul “5 books I loved reading this year.” Pada artikel tersebut, Bill Gates mengungkapkan bahwa di masa kecilnya, ia sering sekali membaca buku fiksi.

Seiring bertambahnya usia, ia merambah untuk membaca buku non fiksi yang menurutnya akan membantu dalam kehidupannya sehari-hari. Namun, akhir-akhir ini ia kembali membaca buku fiksi setelah sekian lama tidak membacanya.

Berikut beberapa buku yang direkomendasikan Bill Gates melalui personal blognya.

1. A Thousand Brains: A New Theory of Intelligence – Jeff Hawkins

Buku yang satu ini mengangkat topik AI (Artificial Intelligence) di bidang ilmu saraf. Buku ini akan menjawab sebuah pertanyaan mengenai ‘Bagaimana sel-sel sederhana di otak menciptakan kecerdasan?’.

Jedd Hawkins bersama dengan timnya menemukan sebuah fakta bahwa otak menggunakan struktur mirip peta untuk membangun sebuah model. Oleh sebab itu, kita mampu memandang sebuah dunia, memiliki perasaan terhadap diri sendiri, dan munculnya pemikiran yang tinggi. Buku ini cocok bagi kalian yang tertarik dengan topik AI.

2. The Code Breaker: Jennifer Doudna, Gene Editing, and the Future of the Human Race –  Walter Isaacson

Masih berkaitan dengan bidang medis. Buku ini membicarakan tentang CRISPR gene editing (teknik rekayasa genetika, di mana genom organisme hidup dapat dimodifikasi).

CRISPR gene editing menjadi inovasi ilmiah terkeren dalam dekade ini. Pekerjaan Bill Gates yang bekaitan dengan bidang teknologi membuatnya membaca buku satu ini. Buku ini cocok bagi kalian yang tertarik mempelajari digital coding dan genetic code.

3. Klara and the Sun –  Kazuo Ishiguro

Novel yang satu ini menceritakan tentang Klara, sebuah ‘artificial friend,’ di mana ia harus menjaga sebuah toko buku. Ia mengamati setiap orang yang masuk ke dalam toko tersebut, mulai dari mereka yang hanya melihat-lihat saja atau sekadar berjalan di luar toko.

Setelah membaca buku Klara and the Sun, membuat Bill Gates berpikir bagaimana kehidupan seperti itu, apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang baik atau malah berlebihan.

4. Hamnet – Maggie O’Farrell

Rekomendasi buku berikutnya menceritakan tentang sebuah pernikahan dan mereka kehilangan anaknya. Berlatar tahun 1580an di daerah Warwickshire, dikisahkan Agnes dan suaminya memiliki tiga anak. Seorang putri bernama Susanna dan si kembar, Hamnet dan Judith. Hamnet meninggal pada tahun 1596, diumurnya yang kesebelas.

5. Project Hail Mary – Andy Weir

Buku yang berhasil dibaca dalam sepekan oleh Bill Gates ini menceritakan tentang seorang guru sains di sekolah menengah, Ryland Grace, yang baru saja terbangun di sebuah planet lain. Ryland Grace menjadi satu-satunya orang yang selamat dalam menjalankan misi.

Jika ia gagal, maka umat manusia dan bumi akan musnah. Namun, saat itu ia bahkan tidak mengingat namanya sendiri dan tidak mengerti apa misi yang harus dijalankannya.

Itulah kelima buku rekomendasi Bill Gates. Adakah buku yang sudah pernah kalian baca? Buku mana nih yang akan masuk ke wishlist bacaan kalian?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak