alexametrics

Tidak Boleh Sembarangan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Kucing Kampung

Mualifah Putriana
Tidak Boleh Sembarangan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Kucing Kampung
Gambar kucing sedang bersantai (pixels)

Di era sekarang, memelihara kucing menjadi lebih mudah karena adanya banyak makanan instan yang tentunya cukup untuk dikonsumsi hewan peliharaan kamu.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kucing yang kamu pelihara juga membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya? Oleh karena itu, kamu harus bisa memilah makanan apa saja yang bisa kamu berikan kepada hewan peliharaan kamu selain produk instant atau kemasan.

Mengutip dari hewanesia.com, berikut adalah 5 makanan sehat yang bisa kamu berikan untuk kucing kampung

1. Daging 

Layaknya manusia, kucing juga memerlukan daging untuk menjaga asupan protein yang dikonsumsi. Daging akan membantu meningkatkan penglihatan kucing dan membuat sistem reproduksi menjadi sehat. Pastikan daging yang kamu berikan adalah daging yang sudah di olah ya karena lebih sehat dan bisa mencegah berbagai penyakit.

2. Ikan 

Makanan yang satu ini tidak perlu lagi diragukan. Ikan merupakan salah satu makanan favorit para kucing. Omega-3 yang terkandung di dalam ikan, baik untuk jantung dan ginjal. Kamu dapat memberikan ikan yang sudah diolah maupun ikan kalengan, ya.

3. Telur

Selanjutnya ada sumber protein lain selain daging dan ikan, yakni telur. Kamu bisa memberikan olahan telur untuk dimakan sehari-hari. Salah satu bahan yang mudah dan juga memiliki nilai gizi yang tinggi untuk asupan nutrisi kucing yang kamu miliki.

4. Karbohidrat

Kucing juga membutuhkan karbohidrat lho untuk tubuhnya. Oleh karena itu, memberikan nasi bukanlah hal yang keliru. Tidak seperti manusia, kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang besar, oleh karenanya pastikan memberi dalam porsi yang cukup.

5. Snack kucing 

Agar tidak bosan, boleh sekali-kali diberikan snack kucing untuk menambah nafsu makan kucing. Beberapa snack kucing juga di beri vitamin dan di sesuaikan dengan kondisi kucing itu sendiri. Sebab, ada beberapa kondisi kesehatan kucing yang tidak memungkinkan untuk diberi makan sembarangan.

Nah, itulah 5 makanan sehat untuk kucing kesayanganmu. Jangan lupa selalu membawanya ke dokter hewan untuk mengecek kondisi kesehatannya. Kamu juga bisa mengonsultasikan makanannya dengan dokter hewan, ya. Pastikan juga hewan peliharaan kamu tidak memiliki kondisi khusus yang tidak memperbolehkannya mengonsumsi makanan tertentu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak