facebook

Sulit Fokus? Ini 5 Tips Meningkatkan Efektivitas Kuliah Online Bagi Mahasiswa

Shafa Ramadhani
Sulit Fokus? Ini 5 Tips Meningkatkan Efektivitas Kuliah Online Bagi Mahasiswa
Ilustrasi seorang mahasiswa tengah mengikuti kelas online (additudemag.com)

Masa pandemi belum berakhir, sebagian besar aktivitas belum sepenuhnya normal kembali, termasuk kegiatan kuliah yang masih banyak  dilakukan secara online. Tak sedikit mahasiswa mulai merasa jenuh dan merindukan suasana kelas tatap muka.

Perasaaan jenuh ini banyak membuat mahasiswa mulai merasa sulit fokus dan memahami materi, karena merasa kuliah online tidaklah se-interaktif kelas offline. Kesulitan mahasiswa ini, bukan sepenuhnya berasal dari keadaan saat ini, tetapi kita perlu mengetahui faktor internal dalam diri sediri.

Nah, bagi kamu yang merasa masih sulit fokus dalam menjalani kuliah daring, berikut 5 tips untuk membantumu lebih efektif dalam menjalani kuliah online.

1. Miliki Niat dan Semangat yang Kuat Untuk Mengikuti Kuliah Online

Tahap awal ini hal awal yang paling penting dan harus kamu miliki. Dengan memiliki niat yang kuat, kamu akan punya ketertarikan dan semangat untuk mengikuti kuliah.

Hal tersebut dapat membantumu lebih memahami materi kuliah yang diberikan dosen. Namun, bagaimana cara mengumpulkan niat untuk mata kuliah sulit? Caranya, kamu bisa membuat affirmasi dalam dirimu, katakan dalam dirimu bahwa kamu bisa dan siap mengikuti kelas.

2. Siapkan Ruangan atau Tempat yang Nyaman Untuk Mengikuti Kelas

Tempat yang nyaman dapat membantu menjaga fokus kita selama kelas berlangsung. Dengan tempat yang nyaman dan terhindar dari suara yang mengganggu, kamu dapat menjalankan kuliah online lebih nyaman.

3. Buatlah Catatan atau Ringkasan Materi di Setiap Pertemuan

Ringkasan dapat membantu lebih memahami dan mengingat materi lebih baik. Kamu bisa membuat poin-poin penting dari berbagai materi yang sudah dijelaskan oleh dosen di buku catatan ataupun notes pribadimu. Dengan membuat catatan ini, maka dapat membantumu lebih lama mengingat dan memudahkanmu me-review materi penting sebelum ujian.

4. Aktif Bertanya dan Berdiskusi dengan Dosen, Teman, dan Kating

Aktiflah berdiskusi dan bertanya saat kelas ataupun di luar kelas. Diskusi akan menambah pemahamanmu mengenai materi ajar, sedangkan bertanya dapat memastikan apakah pemahamanmu sudah benar. 

5. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Poin terakhir ini sangatlah perlu bagi mahasiswa, yaitu tidur yang cukup dan mengatur pola tidur sehat. Sebab, dengan tidur yang cukup, dapat membantumu fokus di pagi hari dan membuat tubuhmu siap menghadapi hari. Usahakan tidak menunda tugas yang diberikan dosen agar tidak mengambil waktu tidurmu.

Itulah kelima tips yang dapat meningkatkan efektivitas kuliah online untuk mahasiswa. Dengan kelima tips tersebut, setiap mahasiswa bisa lebih fokus dan dapat memahami materi kuliah daring lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak