alexametrics

Cara Memilih Buah Alpukat Matang dan Siap Dikonsumsi, Harus Teliti!

rohman why
Cara Memilih Buah Alpukat Matang dan Siap Dikonsumsi, Harus Teliti!
Ilustrasi buah alpukat (Pexels.com) / Foodie Factor

Salah satu buah yang tidak bisa matang di pohon ialah buah alpukat. Oleh karenanya, setelah dipetik dari pohonnya, buah alpukat harus disimpan terlebih dahulu dan harus ditunggu beberapa hari hingga benar-benar matang.

Ketika kamu membeli buah alpukat di pasar, di pedagang kaki lima, ataupun di mini market dan ingin langsung dikonsumsi ketika di rumah, kamu harus pandai memilih buah alpukat itu sendiri. Tujuannya, agar kamu tidak mendapat buah alpukat yang masih mentah bahkan belum matang.

Berikut cara yang dapat dilakukan ketika ingin membeli buah alpukat yang sudah matang.

Warna Kulit Buah Alpukat

ilustrasi kulit buah alpukat (Foto oleh Jessica Lynn Lewis dari Pexels.com)
ilustrasi kulit buah alpukat (Pexels.com) / Jessica Lynn Lewis 

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, buah alpukat tidak bisa matang di pohon. Buah alpukat yang baru dipetik dari pohonnya dan belum matang akan memiliki warna kulit yang hijau cerah dan berstekstur halus.

Buah alpukat dengan warna kulit hijau gelap dapat menandakan bahwa buah sudah disimpan beberapa hari sebelum dijual, sehingga besar kemungkinan kalau buah sudah matang.

Tekstur Kulit

ilustrasi tekstur kulit buah alpukat (Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels.com)
ilustrasi tekstur kulit buah alpukat (Pexels.com) / Daria Shevtsova

Buah alpukat yang sudah matang atau siap untuk dikonsumsi memiliki tekstur kasar pada kulitnya. Tekstur kulit buah alpukat yang halus justru menandakan bahwa buah alpukat masih mentah belum matang atau masih muda.

Tekan atau Pijat Buah Alpukat

ilustrasi menekan buah alpukat (Foto oleh Los Muertos Crew dari Pexels.com)
ilustrasi menekan buah alpukat (Pexels.com) / Los Muertos Crew

Ciri lainnya kalau buah alpukat sudah matang atau belum ialah daging buahnnya bertekstur empuk. Oleh karenanya, ketika kamu akan membeli buah alpukat yang sudah matang, kamu dapat mengeceknya dengan menekan buah alpukat di beberapa bagian pada buah.

Daging buah Alpukat yang sudah empuk secara merata, berarti buah alpukat tersebut sudah matang. Namun, apabila tekstur empuknya hanya pada satu bagian tertentu saja, bisa jadi bagian tersebut memar karena terjatuh atau akibat lain.

Biji Buah Alpukat

ilustrasi biji buah alpukat (Foto oleh Thought Catalog dari Pexels.com)
Ilustrasi biji buah alpukat (Pexels.com) / Thought Catalog

Salah satu cara untuk mengetahui apakah buah alpukat sudah matang atau belum yaitu dengan mengecek bijinya. Namun, kamu tidak mau membelah semua buah alpukat yang dibeli untuk mengetahuinya, bukan? Kamu tidak perlu melakukannya, kok.

Cukup hanya guncangkan saja buah alpukat tersebut, apabila terdengar suara atau terasa gerakan biji dari dalam buah alpukat, maka tandanya sudah matang. Biji pada buah alpukat yang masih sangat mudah biasannya akan menempel pada bagian daging buah alpukat, sehingga tidak akan bergerak jika diguncangkan atau digoyangkan.

Sementara, buah alpukat yang sudah matang, bijinya akan terlepas dari daging buahnya sehingga akan bersuara atau bergerak ketika digoyang atau diguncangkan.

Batang yang ada Pada Buah Alpukat

ilustrasi batang buah alpukat (Foto oleh zorro zombie dari Pexels.com)
ilustrasi batang buah alpukat (Pexels.com) / zorro zombie

Selanjutnya, kamu dapat mengecek melalui sisa batang yang menempel pada buah alpukat. Batang pada buah alpukat yang sudah matang akan berwarna hijau tua dan gelap seperti warna buah alpukatnya.

Batang buah alpukat yang berwarna coklat menandakan bahwa buah alpukat sudah matang. Sementara, buah alpukat yang masih muda, sisa batangnya akan berwarna hijau muda terang.

Jangan Memilih dan Membeli Buah Alpukat yang Terlalu Lembek

ilustrasi buah alpukat lembek (Foto oleh Laker dari Pexels.com)
ilustrasi buah alpukat lembek (Pexels.com) / Laker 

Cara untuk memilih buah alpukat yang matang, yaitu dengan tidak membeli alpukat yang terlalu lembek. Sebab, buah alpukat yang terlalu lembek bisa menandakan bahwa buah alpukat tersebut terlalu matang dan cenderung busuk.

Itulah beberapa penjelasan cara memilih buah alpukat yang matang dan siap dikonsumsi. Buah alpukat merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam sajian, seperti jus hingga kue.

Selain memiliki rasa yang enak, buah alpukat memiliki manfaat untuk tubuh karena banyaknya vitamin yang terkandung. Semoga Bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak