alexametrics

Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Kenali 7 Jenis Masker Wajah Ini

Xandra Junia Indriasti
Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Kenali 7 Jenis Masker Wajah Ini
Ilustrasi Menggunakan Masker (pixabay)

Perawatan kulit wajah terbagi menjadi berbagai produk. Salah satunya masker yang dapat memaksimalkan manfaat skincare lain. Nah, jenisnya sendiri terdiri dari beberapa bagian.

Disadur dari alodokter, farmaku, dan senka, berikut 7 jenis masker wajah yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

1. Clay Mask

Jenis ini tengah diganderungi oleh banyak orang, karena berperan penting dalam mengurangi minyak berlebih, membersihkan wajah dari kotoran, serta mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Masalah tersebut seringkali dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, pori-pori tidak jarang tersumbat yang berujung memicu pertumbuhan jerawat dan komedo.

Clay mask merupakan masker yang dilengkapi dengan berbagai kandungan mineral, seperti  bentonite dan kaolin. Jenis ini bisa dipakai 1-2 kali dalam seminggu untuk kamu dengan tipe kulit berminyak. Bagi pemilik kulit kering, disarankan tidak lebih dari satu.

Cara pemakaian clay mask sangat mudah, kamu tinggal mengoleskannya pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan beberapa menit hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat.

2. Peel Off Mask

Jenis peel off mask biasa dipakai untuk membasmi penumpukan komedo yang sering timbul di area hidung dan sekitarnya. Masker ini juga memiliki manfaat lain, yaitu mampu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak.

Masker peel off cenderung berbentuk gel yang biasanya akan langsung mengering usai beberapa menit diaplikasikan pada wajah. Nanti, teksturnya dapat berubah menjadi lebih elastis seperti karet. Untuk itu, kamu perlu sigap saat mengoleskannya.

Peel off mask tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, karena proses pengelupasannya mampu memicu rasa perih bahkan iritasi.

3. Sheet Mask

Sesuai namanya, sheet mask berbentuk menyerupai lembaran tisu atau kapas dengan lubang di beberapa bagian wajah, mulai dari mata, hidung, hingga bibir. Masker ini seringkali digunakan oleh seseorang yang memiliki kulit kering. Namun, bukan berarti kamu dengan kulit cenderung berminyak tidak bisa memakainya.

Manfaat utama sheet mask adalah untuk melembapkan kulit serta menjadikannya terasa kenyal dan sejuk. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serum. Biasanya, dipakai setelah mandi atau saat wajah dalam keadaan bersih.

Cara penggunaan sheet mask juga sangat mudah, cukup tempelkan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Tunggu hingga kandungannya meresapi kulit, lalu lepaskan. Sisa cairan dalam masker juga bisa kamu oleskan pada leher, tangan, dan kaki.

Namun, masker jenis ini hanya sekali pakai atau langsung buang. Dengan kata lain, pembeliannya cukup memakan banyak biaya.

4. Powdery Mask

Powdery mask berarti masker berupa bubuk yang nantinya digunakan bersamaan dengan air mawar. Namun, jenis ini dianggap sedikit merepotkan karena rentan menyebar kemana-mana, termasuk mengotori pakaian dan lantai.

Meskipun begitu, masker bubuk dikenal sebagai jenis yang ramah dompet. Banyak brand yang memproduksi dan kemudian menjualnya dengan harga murah. Jadi, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

5. Mud Mask

Selanjutnya ada mud mask, yang terbuat dari  lumpur dengan berbagai macam mineral. Sekilas mirip clay mask, tapi masker ini memiliki kadar air yang tinggi, sehingga mampu menghidrasi lebih baik. Jadi, bisa digunakan oleh semua tipe kulit.

Mud mask diolah dari lumpur berjenis abu vulkanis dan yang biasa ditemukan di laut. Penggunaannya sama persis dengan clay mask, tapi fungsinya adalah melembapkan bukan menyerap minyak berlebih.

6. Sleeping Mask

Seperti namanya, sleeping mask merupakan jenis masker yang digunakan sebelum tidur. Bentuknya sendiri dapat berupa gel yang dibiarkan meresap semalaman. Kemudian, di pagi harinya baru dibersihkan.

Sleeping mask dianggap lebih ampuh dalam melembapkan kulit ketimbang krim malam. Hal ini dikarenakan teksturnya yang lebih cair dan mudah meresap pada kulit.

7. Exfoliating Mask

Exfoliating mask dibuat khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan aktif yang digunakan biasanya bersifat alami seperti butiran scrub dari kopi, oat, atau gula. Ada juga bahan kimia mencakup AHA, BHA, asam laktat, dan retinol.

Masker jenis eksfoliasi ini tidak disarankan bagi kamu pemilik kulit sensitif. Pasalnya, dapat memicu iritasi atau kemerahan di sekitar wajah.

Itulah ketujuh jenis masker wajah yang memiliki manfaat berbeda tiap masing-masingnya. Apakah kamu pernah memakai salah satu atau bahkan semuanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak