alexametrics

Picu Rasa Nyaman dengan 5 Bahan Pakaian Olahraga Ini

Xandra Junia Indriasti
Picu Rasa Nyaman dengan 5 Bahan Pakaian Olahraga Ini
Ilustrasi Pakaian Olahraga Lari (pixabay)

Ketika berolahraga, kamu perlu memperhatikan banyak hal agar melakukannya terasa nyaman, seperti memilih bahan pakaian olahragamu misalnya. Jangan asal memilih bahan, karena bisa saja menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti jamur.

Oleh karena itu, di bawah ini ada 5 bahan pakaian olahraga yang direkomendasikan untukmu karena dapat memicu kenyamanan bagi kulit.

1. Katun

Katun atau cotton merupakan bahan baju olahraga yang paling populer dan banyak dipilih. Pasalnya, terbuat dari serat kapas yang mampu memberikan kenyamanan begitu dipakai, bahkan untuk sehari-hari.

Satu jenis yang paling dikenal adalah cotton combed dan ketebalannya dibagi menjadi beberapa ukuran. Mulai dari 20s, 24s, hingga 30s yang seringkali dipilih untuk pakaian olahraga. Hal ini dikarenakan bahannya yang lebih adem dan tipis.

Tipe 30s juga memiliki tekstur yang halus serta berkemampuan untuk menyerap keringat terbaik dibandingkan bahan-bahan lainnya. Beberapa olahraga yang cocok menggunakan cotton combed ini adalah yoga dan golf.

2. Spandex

Spandex memiliki nama lain Lycra merupakan bahan yang sangat elastis. Kemampuan melarnya ini bisa mencapai 5-6 kali ukuran aslinya. Tidak heran, jika pakaian berbahan dasar ini terlihat kecil, namun bisa dipakai untuk kamu yang bertubuh besar.

Bahan ini mampu mengatur pernapasan kulit, karena dapat menyerap keringat dan membuatnya lebih cepat mengering. Spandex cocok digunakan untuk semua jenis olahraga, termasuk lari dan renang.

3. Polyester Activedry

Selanjutnya, ada bahan yang terbuat dari polyester dengan teknologi khusus bernama activedry. Kemampuannya ini dapat menyerap keringat dan membuat tubuh lebih cepat kering.

Polyester activedry merupakan bahan yang adem dan tidak mudah kusut, sehingga nyaman untuk kamu pakai saat bergerak aktif. Beragam jenis olahraga yang cocok menggunakannya adalah angkat besi, yoga, dan workout.

4. Dry-Fit

Dry-fit adalah bahan kaos olahraga dengan teknologi khusus yang membuatnya terlihat unik. Ada lubang di beberapa sisi pakaian yang digunakan sebagai saluran ventilasi udara yang berguna agar kulit tetap dapat bernapas.

Bahan ini terbuat dari kombinasi spandex, polyester, dan nilon. Namun, teksturnya lebih padat dan lentur, sehingga mampu menyesuaikan bentuk tubuh. Sesuai dengan teknologi sirkulasi tersebut, dry-fit mampu mengontrol keringat baik.

Campuran ketiga bahan tersebut dapat menyerap kelembapan dan membuatnya keluar menjadi uap. Proses ini seringkali dikenal dengan isitilah wicking. Dry-fit cocok dipakai untuk bersepeda, futsal, basket, lari, atau kardio.

5. Microfiber

Terakhir, ada kain berteknologi microfiber yang berasal dari serat halus, meliputi 80 persen polyester dan 20 persen nilon. Biasanya, bahan ini bertekstur licin dan hampir menyerupai satin. Bisa dipakai untuk olahraga sepak bola.

Para brand pakaian olahraga memilih bahan ini karena mampu menyerap keringat dan mempercepat pengeringan tubuh. Caranya, dengan menyebarkannya ke semua bagian baju, sehingga tidak terlalu lama basah.

Itulah kelima bahan yang disebut paling baik untuk pakaian olahraga. Apakah kamu sudah menentukan akan memililih yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak