alexametrics

5 Bahaya Minum Kopi Terlalu Banyak, Jangan Berlebihan!

Diat Anugrah
5 Bahaya Minum Kopi Terlalu Banyak, Jangan Berlebihan!
Ilustrasi kopi (pixabay.com)

Kopi merupakan salah satu minuman bagi banyak orang di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Apalagi saat ini mulai menjamur kedai-kedai kopi di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari warung kopi sederhana hingga kafe-kafe kekinian yang menarik generasi muda untuk menikmati kopi.

Rasa pahit kopi disandingkan dengan racikan khas barista maupun dalam bungkus kopi sachet memang nikmat untuk diseruput pagi, siang, maupun malam hari. Kandungan kafein dapat membuat penikmatnya merasa lebih bersemangat untuk menjalani hari. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat membuat orang yang meminumnya terjaga dan terhindar dari rasa kantuk. Hal inilah yang membuat kopi disukai oleh banyak orang.

Selain kenikmatan rasa dan efeknya yang membuat terjaga, kopi juga diyakini baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Namun, tahukah kamu jika ternyata mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa dampak negatif untuk tubuh? Berikut ini adalah 5 bahaya minum kopi terlalu banyak.

1. Menimbulkan Rasa Cemas

Kandungan kafein dalam kopi dapat memicu kerja otak dan syaraf lebih aktif sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan semangat dan konsentrasi. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering, kopi justru akan dapat menimbulkan rasa cemas berlebih. Hal inilah yang membuat kopi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

2. Menimbulkan Efek Caffeine Withdrawal

Kafein dalam kopi memang menimbulkan efek yang dapat membantu tubuh melakukan kegiatan. Namun, jika terlalu sering mengonsumsi, maka kafein dalam kopi bisa menimbulkan bahaya seperti tubuh akan ketergantungan terhadap zat tersebut. Jika tidak mengonsumsi kopi, maka akan muncul gejala tertentu seperti sakit kepala, lemas, mudah lelah, maupun susah berkonsentrasi. Gejala ini muncul karena efek caffeine withdrawal.

3. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Bahaya kopi selanjutnya jika dikonsumsi terlalu banyak bahkan setiap hari, maka dapat menyebabkan gangguan pencernaan mulai dari mual, sakit perut, muntah, diare, maag, dan penyakit asam lambung.

4. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein dalam kopi yang dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dan tekanan darah meningkat. Jika dikonsumsi terus menerus dalam jumlah banyak, maka akan muncul resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5. Menyebabkan Gangguan Tidur

Mengonsumsi kopi dapat menghilangkan rasa kantuk sehingga dapat membuat peminumnya tetap terjaga. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi kopi, maka kualitas dan waktu tidur dapat terganggu. Bahkan, jika tidak diatur, kebiasaan minum kopi dapat menyebabkan insomnia.

Itulah 5 bahaya jika kita terlalu banyak minum kopi. Oleh karena itu, minumlah kopi dalam jumlah yang wajar dan jangan terlalu sering agar mendapat manfaat yang baik dari kopi dan terhindar dari dampak buruknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak