facebook

5 Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Jangan Diabaikan!

Diat Anugrah
5 Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Jangan Diabaikan!
IIustrasi seseorang yang mengantuk (pixabay.com)

Berbagai aktivitas terkadang membuat seseoarang terpaksa harus begadang, baik itu tuntutan pekerjaan, kegiatan sekolah, maupun aktivitas-aktivitas lainnya. Namun, ada banyak orang juga yang sengaja begadang untuk melakukan hal-hal tidak penting. Aktivitas tersebutlah yang sangat disayangkan, karena begadang punya banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Merangkum dari halodoc, berikut 5 dampak buruk bagi kesehatan akibat terlalu sering begadang.

1. Sulit konsentrasi

Tidur dapat membantu tubuh mengistirahatkan otak dan saraf agar dapat kembali bekerja dengan maksimal setelah beristirahat. Jika begadang dan sulit tidur, maka kerja otak dan saraf menjadi tidak maksimal.

Hal tersebut menyebabkan kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Tentu hal ini akan berdampak buruk karena dapat mengganggu aktivitas belajar dan menurunkan produktifitas dalam bekerja.

2. Gairah seksual menurun

Kurang tidur dapat membuat tubuh kekurangan energi dan tenaga untuk melakukan aktivitas. Ditambah lagi dengan rasa kantuk yang membuat malas beraktivitas membuat libido dan gairah untuk berhubungan seksual menjadi turun. Tidak hanya berhubungan seksual, melakukan aktivitas sehari-hari juga menjadi tidak bersemangat.

3. Memicu obesitas

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan fungsi hormon yang mengatur rasa kenyang dan rasa lapar. Jika kurang tidur, maka fungsi hormon tersebut dapat terganggu sehingga tubuh selalu merasa lapar. Kondisi inilah yang memicu aktivitas makan berlebih dan tidak terkendali yang dapat menyebabkan obesitas.

4. Menurunkan produksi hormon

Dampak buruk bagi kesehatan lainnya dari begadang adalah menurunnya produksi hormon. Kurang tidur dapat menurunkan produksi hormon khususnya hormon pertumbuhan dan hormon testosteron. Hal ini dapat menyebabkan mudah lelas, kurangnya massa otot, hingga kerapuhan tulang.

5. Munculnya penyakit serius

Terakhir adalah munculnya penyakit serius sebagai dampak buruk dari begadang. Sebab, begadang memang tidak hanya menyebabkan masalah ringan, tapi juga dapat menimbulkan penyakit serius seperti diabetes, stroke, hingga penyakit jantung.

Itulah 5 dampak buruk begadang bagi kesehatan. Kita boleh begadang tapi seperlunya saja, jangan sampai kesehatan tubuh dipertaruhkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak