alexametrics

Jangan Khawatir, Lakukan 5 Hal Ini jika Istri Sedang Marah Besar

Diat Anugrah
Jangan Khawatir, Lakukan 5 Hal Ini jika Istri Sedang Marah Besar
ilustrasi pertengkaran (pixabay.com)

Hubungan suami dan istri yang baik seharusnya bisa saling melengkapi serta menerima. Suami menerima kelebihan dan kekurangan istri apa adanya, begitu pula sebaliknya.

Selain itu, komunikasi juga menjadi faktor penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Hubungan asmara yang harmonis dapat membuat suami istri nyaman dan rukun, sehingga dapat terwujud keluarga sakinah mawaddah warahmah.

Namun, setiap hubungan pasti pernah mengalami kendala. Apalagi hubungan suami istri yang setiap hari berkomunikasi. Ada kalanya istri marah karena satu atau dua hal, entah itu salah paham atau hal lainnya.

Sebagai suami, kewajiban kita untuk meredamkan amarah istri. Jangan khawatir, berikut ini 5 hal yang dapat suami lakukan untuk meredam amarah istri.

1. Meminta maaf

Ketika istri marah, kita jangan ikut-ikutan naik darah. Kita justru harus mau menurunkan ego dan meminta maaf lebih dulu. Hal ini tidak akan menurunkan martabat dan derajat seorang suami. Justru hal ini penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Meskipun kita merasa benar, tidak ada salahnya meminta maaf. Maka, istri akan berusaha memaafkan kita dan tidak marah lagi. Namun, jika kita justru ikut-ikutan marah dan tidak mau meminta maaf, hal tersebut akan menimbulkan pertengkaran yang lebih panjang.

2. Tanya kesalahan dan berjanji tidak mengulangi

Jika suami tahu apa kesalahan yang sudah dilakukan, sehingga membuat istri marah, pasti penyelesaiannya akan lebih terara. Setelah tahu, segera berjanji untuk mengulanginya lagi. Hal ini penting untuk menunjukan keseriusan dan rasa penyesalan yang sungguh-sungguh dari seorang suami. Jika sudah berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, maka tepati agar istri tercinta tidak marah lagi di kemudian hari.

Namun terkadang istri marah begitu saja tanpa sebab yang jelas. Jika itu terjadi, tanyakan apa yang membuatnya marah. Lalu berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi.

3. Bantu pekerjaan istri

Pekerjaan rumah bukanlah pekerjaan yang ringan. Apalagi jika dilakukan dalam kondisi sedang marah. Kerapkali, istri menjadi malas mengerjakan pekerjaan rumah jika kondisi hatinya sedang tidak baik.

Jika sudah seperti itu, tugas kita sebagai suami untuk membantu istri menyelesaikan pekerjaannya. Selain membuat pekerjaan selesai, tindakan ini dapat membuat hati istri tersentuh dan mau memaafkan kita.

4. Berikan Hiburan

Jika istri masih tetap saja marah, berikanlah hiburan padanya. Suami pasti tahu hiburan apa yang paling disukai oleh istrinya. Hal tersebut dapat membuat kondisi hati istri menjadi membaik dan lupa akan rasa marahnya lalu mau memberi maaf.

5. Berikan Kejutan

Memberi kejutan yang disukai istri saat ia sedang marah juga membuat kondisi hatinya menjadi lebih baik. Berikan kejutan tidak harus mahal, bisa dengan hal-hal yang sederhana, tapi disukai istri kita.

Itulah 5 hal yang dapat dilakukan suami saat istri marah. Jaga selalu keharmonisan rumah tangga dan hubungan asmara kalian ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak