alexametrics

6 Kunci Hubungan Langgeng dan Harmonis, Terapkan dari Sekarang

Lintang Larissya
6 Kunci Hubungan Langgeng dan Harmonis, Terapkan dari Sekarang
Ilustrasi Kunci Hubungan Langgeng. (pexels)

Memiliki hubungan langgeng dan harmonis merupakan dambaan setiap pasangan di dunia. Pernahkah kamu melihat pasangan yang sudah melewati waktu bersama selama bertahun-tahun tetapi tetap intim dan bahagia?

Menurut seorang ahli, ada 6 kunci penting yang menjamin hubungan percintaan menjadi langgeng dan harmonis. Kunci tersebut harus dipegang oleh dua orang yang terlibat dalam sebuah hubungan percintaan.

Berikut ini 6 kunci hubungan langgeng dan harmonis. Sudah kamu terapkan belum sama pasangan?

1. Menikmati Setiap Waktu yang Dihabiskan Bersama Pasangan

Menghabiskan waktu bersama sang kekasih menjadi kunci utama sebuah hubungan asmara. Entah sesingkat, sesepele, atau sesedikit apapun momen yang dilakukan bersama, akan mengurangi kemungkinan hubungan gagal.

Contoh kegiatan simple yang dapat dihabiskan antara pasangan adalah makan bersama. Mengutip dari Detik, penelitian dari Marriage Foundation di Inggris menemukan fakta bahwa pasangan yang lebih sering makan bersama, jauh lebih bahagia. Berarti hal paling penting dalam hubungan asmaara adalah menikmati setiap waktu dan momen yang dihabiskan bersama.

Meskipun menghabiskan waktu bersama pasangan merupakan kunci hubungan awet, tetapi perlu juga diingat untuk memerhatikan 'me time' masing-masing individu. Kebersamaan tidak mengesampingkan kebutuhan dan kepentingan dirinya sendiri demi pasangan.

2. Bangun Dinding Komunikasi yang Kokoh

Akar dari konflik yang paling sering terjadi antara pasangan adalah kurangnya komunikasi. Hal terpenting dari komunikasi adalah keterbukaan dan kejujuran pada pasangan.

Sesepele apapun itu, percayalah pasanganmu ingin tahu keseharianmu, masalah yang kamu hadapi, dan hal kecil yang membuatmu bahagia. Dengan berkomunikasi, maka akan lebih mudah mengenal satu sama lain.

Antara bibir dan telinga harus seimbang. Artinya, kamu juga harus menjelaskan apa yang kamu suka dan tidak. Meski begitu, kamu juga harus mau mendengarkan keluh kesah pasanganmu. Dengan begitu komunikasi akan berjalan dengan lancar.

3. Berikan Kepercayaan Penuh

Jangan biarkan rasa takut lebih besar daripada rasa percayamu terhadap pasangan. Meskipun kamu merasakan perasaan yang besar terhadap pasangan, jangan lupa untuk berikan dia ruang agar hubungan tidak terlalu ketat, hingga membuat salah satunya menjadi sesak. Keterbukaan dan kejujuran akan menumbuhkan kenyamanan satu sama lain.

4. Menerima Konflik dengan Senang Hati

Saling berargumen justru akan meningkatkan kualitas hubungan. Tentu argumen yang dimaksud adalah argumen yang masuk akal. Saling bertukar pendapat dengan sikap keterbukaan dan kejujuran akan membuat pasangan mengerti apa yang kamu dan dirinya mau. Dengan begitu, akan lebih mudah menemukan jalan keluar.

Namun perlu diingat, masalah yang sudah lewat jangan diungkit kembali. Apalagi masalah tersebut sudah diselesaikan secara baik-baik. Jadikan setiap konflik dan masalah menjadi pembelajaran dalam hubungan ke depannya.

5. Menghargai Pasangan

Menghargai pasangan dapat terlihat dari hal sekecil apapun. Contohnya adalah menjadi pendengar yang baik. Terkadang saat mengalami hari yang sulit, pasangan tidak membutuhkan saran atau kata-kata penyemangat. Hanya dengan kehadiran dan pengertian orang terkasih saja akan menghilangkan rasa lelah yang telah ia pikul seharian.

Selain itu, hal lain yang dapat diterapkan sebagai bentuk menghargai pasangan adalah mendukung keputusan yang ia ambil, menyayangi orang-orang terdekatnya, tidak terlalu banyak mengatur hingga ke ranah privasinya, dan selalu membicarakan masalah sekecil apapun untuk mendengar pendapatnya.

6. Terapkan Ekspetasi Realistis

Memiliki ekspetasi tinggi dalam sebuah hubungan seringkali dibangun oleh beberapa orang agar terlihat seperti relationship goals. Namun, mengelola ekspetasi saat menjalani hubungan merupakan kunci asmara awet, agar bisa menghindari rasa kecewa terhadap pasangan.

Taruhlah ekspetasi realistis sesuai dengan kondisi, kemampuan, dan keadaan. Perbedaan adalah hal yang wajar dalam hubungan.

Untuk menciptakan hubungan langgeng dan sehat diperlukan kerjasama antara kedua belah pihak. Cobalah untuk berikan usaha terbaik dalam hubungan asmara, hindari gengsi yang berlebihan, karena pasangan tidak bisa membaca pikiranmu. Semoga 6 kunci hubungan langgeng dan harmonis di atas dapat membantu kamu dan pasangan membangun hubungan yang awet dan bahagia ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak