alexametrics

Jangan Dilakukan, 5 Hal ini Bisa Bikin Kamu Dibenci Rekan Kerja

Diat Anugrah
Jangan Dilakukan, 5 Hal ini Bisa Bikin Kamu Dibenci Rekan Kerja
ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Werner Pfennig)

Dunia kerja memaksa kita untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Mulai dari klien, pelanggan, atau konsumen, hingga atasan, bawahan, dan rekan kerja. Hubungan kita dengan orang-orang tersebut harus terjalin dengan baik, agar tercipta kondisi dan suasana yang nyaman untuk bekerja. Selain itu, hubungan yang baik diperlukan agar terbentuk kerjasama yang saling menguntungkan sehingga aktivitas kerja menjadi lebih produktif.

Hubungan yang baik tersebut harus dibentuk bersama, tidak bisa hanya oleh satu pihak. Hubungan akan rusak dan menjadi tidak baik apabila ada satu pihak membenci pihak lainnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga pola tingkah laku saat bekerja agar tidak dibenci rekan kerja kita.

Jangan lakukan 5 hal berikut ini yang bisa membuat kita dibenci oleh rekan kerja.

1. Berperilaku Sombong

Sombong adalah sifat dan sikap yang tidak disukai oleh semua orang di lingkungan kerja. Sombong sendiri banyak bentuknya, bisa berupa perbuatan, tingkah laku, maupun ucapan. Di tempat kerja, orang yang suka menyombongkan diri akan dibenci oleh rekannya.

2. Suka Menyindir dan Membanding-bandingkan

Beberapa orang lebih memilih untuk menyindir dibanding menyampaikan langsung isi hati yang menjadi unek-uneknya. Seringkali, upaya menyindir ini dilakukan bersamaan dengan membandingkan seseorang dengan orang lain.

Misalnya ketika ada anggota tim yang performanya kurang baik. Bukannya menasihati atau menegur secara langsung, beberapa orang memilih menyindi. Tak cuma itu, mereka juga membandingkannya dengan anggota lain yang performanya lebih baik. Terlebih  untuk para leader maupun atasan, hal ini kerapkali sengaja atau tidak sengaja dilakukan.

Mungkin niat hati baik ingin memotivasi atau menegur agar menjadi lebih baik. Namun, hal tersebut adalah hal yang tidak disukai banyak orang. Bukannya termotivasi, orang yang disindir bisa jadi akan sakit hati. Jangan sampai hal itu terjadi.

3. Tidak Sopan

Tempat kerja bukanlah rumah pribadi kita. Ada tata krama dan unggah-ungguh yang harus dipatuhi. Tidak bisa kita membuat aturan dan bertindak seenak kita sendiri.

Sama seperti di berbagai tempat umum lainnya, di kantor kita juga harus berperilaku sopan dengan orang lain, apapun posisi dan jabatannya.

Berperilaku sopan dapat dilakukan di antaranya dengan menyapa ketika bertemu, berbicara dengan intonasi dan tutur kata yang pantas, hingga tidak mengucapkan kata-kata makian. Jika kita berperilaku tidak sopan di tempat kerja, besar kemungkinan akan menjadi bahan gunjingan hingga dibenci banyak orang.

4. Berbuat Curang

Beberapa pekerjaan menuntut performa yang baik untuk mendapat benefit atau penghasilan lebih tinggi. Hal ini umumnya terjadi pada pekerjaan-pekerjaan yang memiliki target tertentu.

Kita harus memberikan performa yang terbaik dan mencapai target, bahkan melampauinya. Namun, jangan sampai upaya mengejar target tersebut kita lakukan dengan berbuat curang. 

Selain cara itu bukanlah hal yang baik, berbuat curang juga dapat merugikan perusahaan maupun rekan kerja. Jika sudah seperti itu, rekan kerja akan membenci kita.

5. Malas Mengerjakan Pekerjaan

Di tempat kerja, tiap-tiap orang memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing. Namun, semua orang dalam sebuah perusahaan ibarat satu tubuh, yang lain ikut berpengaruh.

Oleh karena itu, orang yang malas melakukan pekerjaan akan membuat susah dan merugikan tim. Hal ini bisa menurunkan produktivitas kerja hingga dapat merugikan perusahaan. Jika dilakukan terus menerus, orang yang pemalas dapat dibenci dalam lingkungan kerja. Itupun jika tidak dilakukan pemecatan.

Itulah 5 hal yang bisa membuat kamu dibenci oleh rekan kerja. Jangan dilakukan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak