alexametrics

4 Kebiasan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Rizky Melinda Sari
4 Kebiasan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi seseorang sedang jogging (pexels)

Setiap manusia pasti menginginkan hidup secara sehat baik fisik maupun mental. Namun, kebanyakan orang-orang hanya mementingkan kesehatan fisik mereka dan cenderung mengabaikan kesehatan mentalnya. Orang-orang menganggap kesehatan mental tidak berhubungan dengan kesehatan fisik. Padahal, menjaga kesehatan mental juga sangat penting dan harus dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

Sebab, kesehatan fisik dan mental merupakan satu-kesatuan dan dapat saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika fisik seseorang berada pada kondisi sehat dan baik-baik saja, tetapi keadaan mentalnya ternganggu, maka gejala-gejala fisik seperti pusing, mudah lelah, dan susah tidur akan muncul.

Gangguan pada kesehatan mental tidak hanya sebatas kurang waras atau gila seperti stigma masyarakat selama ini. Gangguan mental juga dapat dialami oleh setiap orang, tidak terbatas pada orang-orang dengan keterbelakangan mental. Bahkan, meskipun kamu merasa mentalmu stabil dan baik-baik saja, tapi kamu wajib secara rutin melakukan pemeriksaan ke tenaga profesional, lho. Dengan begitu, kesehatan mentalmu dapat terjaga.

Menurut psikolog Dimas Alwin dalam akun instagram-nya, berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

1. Meluapkan emosi secara positif

Emosi yang dipendam secara terus-menerus dan berakhir menumpuk hanya akan memicu berbagai kondisi gangguan pada mental, seperti selalu merasa sedih, kesepian, merasa tidak berharga, dan perasaan negatif lainnya.

Emosi dapat diluapkan atau dikeluarkan dengan cara yang positif, seperti curhat dengan seseorang yang kita percayai, menuangkannya dalam bentuk karya seperti journaling, membuat buku harian, melukis, atau kegiatan lainnya yang dapat menyalurkan emosi kita.

2. Menjadi orang yang tegas

Salah satu penyebab kesehatan mental susah diraih adalah dengan menjadi orang yang ga enakan. Selalu mengiyakan permintaan orang lain tanpa memikirkan kepentingan diri sendiri juga merupakan salah satu penyebab kesehatan mental dapat terganggu.

Kita harus bisa menjadi orang yang tegas dan tidak segan menolak permintaan orang lain jika memang kapasitas kita tidak memungkinkan untuk membantu mereka. Peduli pada diri sendiri bukan berarti egois, kita yang paling tahu batasan diri kita sendiri, bukan orang lain.

3. Pandai mengatur waktu

Time management atau pengaturan waktu yang tepat dapat membantu kita untuk terhindar dari perasaan stres. Jadwal yang tersusun rapi dari pagi hingga malam akan membuat kita optimis dan tahu apa yang harus dilakukan.

Kita juga harus pandai menentukan prioritas,  mampu menyeimbangkan antara kewajiban, keperluan, dan hiburan agar kesehatan fisik dan mental kita senantiasa terjaga dan berada pada kondisi yang optimal. Satu hal yang paling penting, berhenti sejenak ketika kondisi terlalu ruwet dan melelahkan, karena istirahat adalah hak tubuh dan pikiran kita.

4. Rajin berolahraga

Berolahraga tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga mampu menjaga kesehatan mental kita. Rajin berolahraga akan membantu membuat pikiran menjadi segar, mengurangi kecemasan, dan berbagai perasaan positif lainnya.

Olahraga yang dilakukan tidak harus berat, cukup dengan menyesuaikan waktu yang kita miliki. Misalnya, lari pagi sekitar 10 sampai 15 menit juga sudah cukup, asalkan teratur dan berkelanjutan. Karena percuma berolahraga berat dalam satu hari, tetapi hari berikutnya tidak.

Itulah 4 kebiasan sederhana untuk menjaga kesehatan mental yang dapat kamu terapkan. Kesehatan mental memegang peranan penting dalam hidup kita. Kesehatan mental dan fisik tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Kita harus bisa menjaga kedua hal ini dengan baik, jangan sampai berat sebelah. Hidup yang baik adalah hidup yang mampu menyeimbangkan segala sesuatu sesuai dengan porsinya masing-masing, termasuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak