alexametrics

Sulit Beradaptasi di Kantor? Lakukan 5 Tips Ini agar Akrab dengan Rekan Kerja

Diat Anugrah
Sulit Beradaptasi di Kantor? Lakukan 5 Tips Ini agar Akrab dengan Rekan Kerja
Ilustrasi rekan kerja (pixabay.com)

Lingkungan kerja adalah lingkungan kompleks yang diisi oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang dan watak berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Adaptasi dan penyesuaian diri penting untuk dilakukan karena lingkungan kerja yang sehat dipengaruhi juga dengan bagaimana kamu bersikap pada rekan-rekan kerjamu.

Bahkan tak jarang banyak orang yang lebih sering menghabiskan waktu bersama rekan kerja dibanding dengan keluarga di rumah. Oleh sebab itu, kita harus menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja kita. Apabila kamu mengalami kesulitan berdaptasi dengan lingkungan dan rekan kerja, berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan agar akrab dengan rekan kerja.

1. Biasakan Membaur

Apabila kantormu kerap membiasakan para pekerjanya menghabiskan waktu bersama seusai kerja demi membangun hubungan baik di lingkungan kerja, cobalah untuk membaur bersama. Orang jawa biasa menyebutnya dengan srawung. Hal ini sangat penting untuk membentuk keakraban dan memperlancar komunikasi.

Ketika sudah biasa membaur dan berkomunikasi, maka hubungan akan terjalin dengan baik. Hubungan yang baik akan membuat pekerjaan dapat terlaksana dengan baik pula.

2. Sopan

Tips kedua yang bisa kamu lakukan agar akrab dengan rekan kerja adalah bersikap sopan. Sebab, tata krama adalah hal yang harus dijunjung di mana saja, termasuk di tempat kerja.

Bersikaplah sopan terhadap siapa saja baik itu atasan maupun bawahan kita. Gunakan tutur kata yang baik dan jangan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma. Hal ini dapat membuat orang lain juga bersikap sopan dan menghormati kita.

3. Mau Membantu

Dalam melaksanakan pekerjaan, ada kalanya kita membutuhkan bantuan atau rekan kerja kita yang membutuhkan bantuan kita. Jika dalam kondisi seperti itu, hendaknya kita mau membantu rekan kerja kita yang membutuhkan. Hal ini dapat membuat hubungan semakin akrab dan disenangi oleh rekan kerja. Selain itu, jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan, rekan kerja kita juga dengan senang hati mau membantu kita.

4. Jangan Suka Mengganggu

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan agar akrab dengan rekan kerja adalah jangan suka menganggu. Ketika bekerja, beberapa orang membutuhkan keseriusan dan konsentrasi pada pekerjaannya. Oleh karena itu, jangan suka mengganggu rekan kerja kita yang sedang bekerja, apalagi kalau sampai menimbulkan gangguan.

Hal tersebut dapat membuat rekan kerja kita marah dan hubungan menjadi tidak baik. Jika ingin bercerita atau bergurau, perhatikan waktu dan tempat. Pilih waktu istirahat atau waktu bersantai, jangan ketika seseorang sedang sibuk mengerjakan pekerjaannya.

5. Mau Berbagi

Mau berbagi menjadi tips penting yang harus kamu lakukan jika ingin akrab dengan rekan kerja. Jika ada rezeki berlebih, baik itu dari mendapat bonus maupun yang lainnya, tidak ada salahnya untuk berbagi dengan rekan kerja kita, seperti mentraktir makan misalnya.

Berbagi tidak harus mengeluarkan uang banyak, cukup hal sederhana yang dapat dinikmati bersama. Tindakan berbagi ini dapat membuat orang tidak iri akan pencapaian kita, justru akan ikut senang. 

Demikianlah 5 tips yang dapat dilakukan agar akrab dengan rekan kerja. Semoga selalu betah di tempat kerja, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak