facebook

5 Pesan dari Film Yuni, Salah Satunya Berani Ambil Keputusan

Xandra Junia Indriasti
5 Pesan dari Film Yuni, Salah Satunya Berani Ambil Keputusan
Poster Resmi Film Yuni (instagram/fourcoloursfilms)

Yuni merupakan film festival asal Indonesia yang populer selama waktu penayangannya sejak 9 Desember lalu. Karya ini bahkan memenangkan beragam piala internasional, termasuk dikabarkan masuk kategori Oscar.

Tak hanya alur serta keapikan akting para pemainnya, film Yuni juga menyampaikan berbagai pesan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan. Apa saja, ya? Berikut 5 poinnya.

1. Berani Ambil Keputusan

Pesan pertama dari film Yuni adalah bahwa kamu perlu berani ambil keputusan. Hal tersebut ditampilkan pada adegan dimana Yuni menolak dinikahi para pria yang melamarnya.

Ia bahkan rela dibicarakan oleh orang lain, termasuk mitos sulit mendapatkan jodoh saat tidak menerima lamaran lebih dari tiga kali. Yuni hanya ingin menjadi wanita sukses dengan pendidikan tinggi.

Oleh karenanya, ia berani memutuskan untuk menolak ajakan para pria yang meminangnya demi sebuah cita-cita di mana saat itu wanita sulit memperoleh pendidikan diatas sekolah menengah.

2. Tidak Takut Mengungkapkan Isi Hati

Selanjutnya, kamu sebagai penonton diberi pesan agar tidak takut mengungkapkan isi hati. Situasi ini berguna untuk melegakan pikiran dan perasaan yang sempat tertekan.

Pesan tersebut disampaikan oleh Yuni yang berani mengatakan tidak untuk tawaran menikah dari beberapa pria. Ia juga menyatakan bahwa tak ada kecocokan serta kondisi dirinya yang sudah bukan lagi perawan.

3. Berusaha Keras

Dalam film Yuni, para penonton juga diberi pesan untuk dapat berusaha keras. Tepatnya ketika ingin menggapai sebuah cita-cita. Hal ini disampaikan melalui adegan Yuni yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah.

Ia berusaha memperbaiki dirinya yang kleptomania (kebiasaan mengambil barang orang lain). Ditambah nilai bahasa Indonesia yang belum memenuhi, sehingga meminta bantuan salah satu teman guna memperoleh hasil maksimal.

4. Jangan Terlalu Penasaran

Yuni merupakan gadis polos yang kurang mengerti berbagai proses pendewasaan. Ia mendadak penasaran hingga membawanya masuk terlalu dalam.

Rasa ingin tahu tersebut nyatanya memberikan pengaruh buruk bagi Yuni. Oleh karena itu, dari adegan ini tersampaikan bahwa kamu dianjurkan untuk tidak terlalu penasaran akan sesuatu.

Pasalnya, apa yang ingin diketahui tersebut bisa saja bernilai kurang baik, memicu rasa sakit hati, bahkan merusak kehidupanmu.

5. Pentingkan Diri Sendiri

Melalui film Yuni, disampaikan bahwa kamu perlu mementingkan diri sendiri terlebih dahulu. Jika tidak, perasaan cemas bisa terus menghantuimu. 

Pesan ini tampak pada adegan dimana Yuni seolah terpaksa menerima lamaran Pak Damar. Mungkin karena merasa kasihan, ditambah ia juga pernah menaruh perasaan terhadap gurunya tersebut.

Namun, di hari pernikahan ia pergi dan terlihat menyesal karena tak mengikuti kata hati. Perlu diingat, memprioritaskan orang lain memang bisa saja berujung penyesalan.

Itulah lima pesan yang bisa dipetik dari film festival Indonesia, Yuni. Apakah kamu sudah pernah menontonnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak