facebook

Rambut Tampak Berkilau, Ini 5 Manfaat Menggunakan Sampo Berbahan Keratin

Xandra Junia Indriasti
Rambut Tampak Berkilau, Ini 5 Manfaat Menggunakan Sampo Berbahan Keratin
Ilustrasi Rambut Sehat (freepik)

Keratin adalah sejenis protein yang terdapat pada beberapa bagian tubuh, termasuk rambut. Kandungan ini akan menjaganya dari berbagai kerusakan rambut yang seringkali dikeluhkan.

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut ada 5 manfaat sampo berbahan keratin yang baik bagi kesehatan rambut, seperti dirangkum dari hellosehat, sehatq, dan alodokter.

1. Menciptakan Rambut Halus dan Berkilau

Keratin dikenal sebagai kandungan yang dapat menghaluskan rambut serta membuatnya tampak berkilau. Manfaat ini berdasarkan cara kerjanya yang melembutkan sel-sel rambut.

Dengan perawatan menggunakan keratin juga akan mengurangi ujung rambut yang bercabang. Meski begitu, efeknya ini hanya bertahan selama dua bulan tergantung kondisi rambutmu.

2. Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Rambut yang susah diatur memang mengganggu penampilan, sehingga banyak yang menjadi kurang percaya diri. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sampo berkeratin yang diteliti dapat mencegahnya.

Keratin berperan memperhalus sel-sel rambut yang menumpuk membentuk helaian. Lapisannya yang disebut kutikula mampu menyerap protein ini dan membuat rambutmu menjadi lebih lurus, mudah diatur, dan tampak rapi.

3. Memperkuat Rambut

Rambut yang kuat adalah idaman semua orang. Terlebih bagi para wanita yang rentan mengalami kerontokan parah. Cobalah menggunakan keratin untuk memperoleh manfaat ini.

Perawatan dengan sampo keratin dapat memperkuat ikatan antara akar dan folikel rambut. Dengan begitu, rambutmu akan terhindar dari rontok, rapuh, serta menjadikannya terlihat sehat bahkan tumbuh lebih cepat.

4. Mengeringkan Rambut Basah Lebih Cepat

Manfaat keratin selanjutnya ini cocok bagi kamu dengan aktivitas padat yang harus menggunakan sampo. Seringkali menjadi lebih terburu-buru dan keadaannya masih belum sepenuhnya kering.

Nah, sampo yang mengandung keratin diketahui dapat dijadikan alternatif karena mampu meminimalisir waktu pengeringan rambut. Dengan begitu, kamu tak perlu menggunakan alat pengering.

Rambut akan kering secara alami, tetapi tetap terlihat sehat dan lembut. Hal ini dikarenakan keratin yang juga dapat melindunginya dari cuaca panas. 

5. Melindungi Rambut dari Berbagai Cuaca

Tiap cuaca nyatanya memiliki dampak buruk bagi rambut. Mulai dari panas, dingin, hingga berangin dapat membuatnya cenderung menjadi kering. Untuk melindunginya, kamu memerlukan sampo dengan kandungan keratin.

Keratin akan menjaga kesehatan tiap helai rambut, sehingga terlihat semakin berkilau dalam cuaca apapun termasuk menjauhinya dari bahaya polusi. Pasalnya, asap ini dapat memicu kekusaman rambutmu.

Itulah lima manfaat menggunakan sampo berbahan keratin. Apakah kamu tertarik memasukannya ke dalam rangkaian perawatan rambut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak