facebook

5 Makanan Khas Tegal yang Patut Anda Coba

ALIMMUL FATTAH
5 Makanan Khas Tegal yang Patut Anda Coba
tahu upil dan kupat glabed (via twitter/@infotegal dan ana lainda (pantura post)/alimul)

Tegal merupakan kota kecil yang terletak diwilayah pantai utara Pulau Jawa. Karena letaknya yang berdekatan dengan laut, Tegal dijuluki sebagai kota bahari. Mendengar kata Tegal, pastinya yang terlintas dipikiran kita adalah warteg atau Warung Tegal. Warteg sudah tersebar hampir seluruh penjuru di Indonesia, terkenal karena makanannya enak dan harganya terjangkau, terutama bagi kalangan mahasiswa maupun pegawai ditanggal tua.

Namun masih ada banyak makanan khas Tegal selain warteg tadi loh. Berikut 5 makanan khas Tegal yang patut anda coba.

1. Sauto (Soto dan Tauco)

Sauto merupakan singkatan dari Soto dan Tauco. Tauco sendiri adalah bumbu fermentasi dari biji kedelai yang dihaluskan bersama terigu. Berbeda dengan soto pada umumnya yang kuat akan rasa bawang, campuran sauto ini memberikan sensasi rasa yang manis, asem, dan asin menjadi satu. Isian dari sauto biasanya adalah jeroan sapi seperti babat, ati, usus, dan lainnya. Namun bagi anda yang tidak suka jeroan bisa menggunakan ayam suwiran saja yang kemudian disiram kuah soto dan ditambahkan tauco sesuai selera.

2. Tahu Upil atau Tahu Aci

Tahu Upil (via twitter/@infotegal)
Tahu Upil (via twitter/@infotegal)

Tidak sejorok namanya, makanan ini sangat pas untuk menjadi cemilan. Tahu upil atau tahu aci adalah tahu yang ditempelkan dengan aci lalu digoreng sampai matang. Kebanyakan orang di Tegal menyebut makanan ini tahu upil, yang tentu saja akan terdengar jorok ditelinga orang dari luar kota atau orang yang tidak tahu.

3. Olos

Olos Tegal (Dhea wisnu/cookpad.com)
Olos Tegal (Dhea wisnu/cookpad.com)

Olos adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung aci dan terigu lalu dibulatkan dengan ditambahkan isian kol, cabe rawit dan tomat yang telah dipotong-potong. Hidangan ini sangat pas disantap disore hari sebagai teman ngopi atau teh.

4. Sate Kambing Tegal

Sate Kambing Tegal (via instagram/@infotegal)
Sate Kambing Tegal (via instagram/@infotegal)

Sebagian orang tidak menyukai daging kambing karena aromanya yang prengus. Namun, bagi para pencinta daging kambing tentunya sate kambing bukan menjadi hal yang asing lagi bagi mereka. Satu kodi sate kambing dibandrol dengan harga 90-100 ribu rupiah saja membuatnya menjadi pilihan untuk santap siang maupun malam bagi para warga tegal maupun yang sedang berkunjung.

5. Kupat Glabed

Kupat Glabed (ana laida/Pamtura post)
Kupat Glabed (ana laida/Pamtura post)

Memiliki nama yang cukup unik yaitu kupat glabed, makanan ini adalah ketupat yang disiram dengan kuah kental kuning dengan sensasi rasa yang mirip seperti bumbu rendang. Biasanya disantap dengan berbagai macam sate-satean seperti sate usus, sate ati, sate telur puyuh, sate ayam, dan sate kerang.

Itulah 5 makanan khas Tegal yang patut kalian coba. Jadi mau coba yang mana dulu nih kalo lagi berkunjung ke Tegal?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak