facebook

5 Tips Memilih Produk Kosmetik Agar Terhindar dari Rasa Menyesal, Segera Cek!

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Memilih Produk Kosmetik Agar Terhindar dari Rasa Menyesal, Segera Cek!
Ilustrasi Kosmetik (pixabay)

Kosmetik merupakan salah satu produk yang dapat menunjang penampilan dan kecantikan seseorang. Tidak heran keberadaannya selalu dicari hingga saat ini, bahkan berbagai merek baru terus bermunculan. Namun, dalam memilih kosmetik, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar tidak menyesal usai membeli. Nah, berikut ini 5 di antaranya.

1. Tentukan Shade yang Sesuai

Hal penting dalam memilih kosmetik adalah harus pintar menentukan shade atau pilihan warna yang sesuai dengan kulit. Jika tidak, maka hasilnya jauh dari ekspetasi dan terlihat kurang maksimal.

Untuk pembelian langsung ke toko, menentukan shade bisa dilakukan dengan mudah karena biasanya disediakan produk percobaan para pengunjung. Berbeda halnya dengan belanja online.

Guna mengatasi kesalahan dalam memilih shade, kamu bisa mencari tahu pengulas produk terkait yang sekiranya memiliki warna kulit sama denganmu. 

2. Perhatikan Jenis Kandungannya

Tips selanjutnya, jangan lupa memperhatikan jenis kandungan yang terdapat pada kosmetik. Cocokkan dengan kondisi kulitmu, karena bisa produk tersebut memiliki zat yang tidak sesuai dan dapat memicu kerusakan.

Usahakan juga untuk memilih kosmetik yang mengandung formula layaknya produk perawatan. Mulai dari efek melembapkan hingga melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan begitu, kulitmu akan tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

3. Cek Keaslian Produk

Seiring bertambahnya waktu yang dibarengi oleh kemajuan teknologi tidak jarang membuat penipuan semakin meningkat. Salah satunya terkait produk kosmetik palsu yang jumlahnya kian banyak.

Untuk itu, kamu perlu teliti saat berencana akan membeli kosmetik, apalagi dengan harga murah. Bermaksud menghemat pengeluaran, justru berujung memperparah masalah kulit yang sedang dialami.

Di sisi lain, ada oknum memalsukan berbagai merek produk kosmetik terkenal dan menjualnya dengan harga yang bahkan tidak masuk akal. Nah, perihal masalah ini, kamu juga diwajibkan berhati-hati agar tidak menyesal di akhir.

4. Periksa Tanggal Kadaluwarsa

Penyimpanan dan penggunaan kosmetik biasanya lebih lama ketimbang produk perawatan. Oleh karena itu, tidak jarang bagi seseorang untuk lupa memeriksa tanggal kadaluwarsa.

Menggunakan produk kosmetik yang sudah melewati batas waktu pemakaiannya tentu dapat merusak kulit. Jika tidak segera dihentikan, justru akan semakin parah dan bisa menjalar pada organ tubuh lainnya, maka tak ada kata selain menyesal.

5. Mencari Tahu Ulasan

Tips terakhir dalam memilih kosmetik yaitu kamu perlu mencari tahu ulasan atau review produk terkait, baik dari artikel serta video yang biasanya banyak dibagikan pada situs media sosial, seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok.

Para konten kreator akan membagikan pengalamannya menggunakan produk tersebut. Nah, kamu dapat langsung membelinya jika ia merasa cocok dan memiliki kondisi kulit yang sama denganmu. Jadi, risiko mengalami penyesalan bisa menurun.

Itulah kelima tips yang bisa dilakukan dalam memilih kosmetik agar tidak menyesal. Apakah kamu sudah menerapkan semua poin-poin yang disebutkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak