facebook

5 Alasan Orangtua Tidak Merestui Hubungan Asmara Kamu dan Pasangan

Mutami Matul Istiqomah
5 Alasan Orangtua Tidak Merestui Hubungan Asmara Kamu dan Pasangan
Ilustrasi pasangan tak direstui orangtua (Pexels/cottonbro)

Restu orangtua adalah poin utama agar hubungan asmara yang sedang kamu jalani bersama pasangan bisa berlanjut ke tahap lebih serius. Tanpa adanya restu orangtua, hubunganmu dengan pasangan akan berhenti di tahap yang sama, tidak berjalan.

Namun, orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tidak jarang, orangtua tidak memberikan restu. Hal tersebut demi kebaikan dirimu sendiri.

Jangan pernah memandang keputusan orangtua dengan sebelah mata. Karena sering terjadi, keputusan orang tua memang ada benarnya. Mungkin, kamu akan membela pasanganmu setengah mati. Namun, angan pernah membutakan matamu tentang nasihat orangtua, sebelum akhirnya kamu menyesali.

Lalu, apa saja alasan orang tua tidak memberikan restu kepada hubunganmu dan pasangan? Beberapa alasan tersebut bisa disimak melalui 5 poin di bawah ini .

1. Beda agama

Alasan yang pertama adalah beda keyakinan. Orangtua selalu mengharapkan anaknya untuk menikah dengan seseorang yang berkeyakinan sama. Hal tersebut diharapkan agar tidak menimbulkan masalah bagi hubungan rumah tangga ke depannya.

Orangtua biasanya mengkhawatirkan hubungan yang berbeda agama akan menimbulkan masalah, entah bagi anaknya dengan pasangan, juga cucu-cucunya kelak. 

2. Dianggap belum mapan

Kemudian, biasanya karena pihak laki-laki dianggap belum mapan. Akan selalu menjadi harapan orangtua agar anak perempuannya bisa hidup berkecukupan dengan pasangan.

Orang tua yang sudah merawat dan memberikan yang terbaik sepanjang hidup anak perempuannya, tidak akan mau jika anaknya mendapat pilihan yang salah.

Meskipun uang bisa dicari, tapi untuk membina rumah tangga setidaknya sudah harus memiliki pekerjaan yang tetap dan pendapatan jelas.

3. Berbeda latar belakang keluarga

Alasan yang ketiga adalah karena perbedaan latar belakang. Meskipun tidak semuanya, tapi banyak pula orangtua yang menginginkan besan yang sejajar. Misalnya, orang yang kaya ingin selalu berbesan dengan orang yang sama kayanya. 

Hal tersebut mungkin bertujuan untuk menjaga kehormatan dan kewibawaan keluarga di mata orang lain. Namun, tidak semuanya, ya. Banyak pula orangtua yang tidak mempermasalahkan latar belakang keluarga sebagai sebuah syarat agar bisa diterima. 

4. Pendidikan yang tidak setara

Selanjutnya karena pendidikan yang tidak setara. Orangtua biasanya menginginkan anaknya untuk bersanding dengan seseorang yang berpendidikan sepadan. Bermacam-macam alasannya, dari karena gengsi sampai agar keturunannya bisa cerdas sesuai harapan. 

5. Feeling

Alasan yang terakhir adalah karena feeling. Entah orangtua memang merasakan atau ada alasan yang tidak bisa diungkapkan. Tidak jarang orangtua akan mengatakan "Mama sepertinya kurang setuju jika kamu dengan si A. Entah kenapa mama perasaannya gak srek aja gitu".

Hal tersebut biasanya didasari dari pengamatan orangtua ketika bertemu dengan pasangan, melihat etikanya dan kepribadiannya yang dinilai kurang baik. 

Nah, itu dia 5 alasan yang biasanya mendasari orangtua tidak memberikan restu untuk hubunganmu dengan pasangan. Memang, hubungan asmara adalah kamu sendiri yang menjalani.

Namun, orangtua sudah lebih dulu merasakan asin garamnya kehidupan. Tidak ada salahnya bagimu untuk menimbang keputusan dan pandangan dari orangtua. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak