facebook

Mulai Kebiasaan Baik ketika Bangun Tidur, Simak 3 Tips Ini!

Zulfa Aulia Nurfaiza
Mulai Kebiasaan Baik ketika Bangun Tidur, Simak 3 Tips Ini!
Ilustrasi bangun tidur di pagi hari.[pexels]

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia untuk mengembalikan tenaga setelah seharian penuh beraktivitas. Tidur yang cukup yakni selama kurang lebih 7-8 jam dapat membantu meregenerasi sel-sel, serta mengembalikan fungsi indera manusia untuk siap kembali digunakan pada keesokan harinya. Meskipun jam tidur manusia mungkin memiliki perbedaan, namun tidur yang berkualitas tetap menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam tubuh kita berada di bawah alam sadar, sel-sel dalam tubuh kita juga turut mengistirahatkan kinerjanya dan mulai memproduksi sel-sel baru yang membuat tubuh terasa lebih segar ketika bangun tidur. Nah, apakah kalian tahu bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bangun tidur? Berikut tiga kebiasaan baik yang bisa kita terapkan untuk mengawali hari setelah bangun tidur.

1. Hindari langsung melihat gadget

Di era yang serba digital saat ini intensitas menatap layar gadget memang sedang tinggi-tingginya. Terlebih bagi kalian yang bekerja secara online pastilah memiliki frekuensi yang lebih sering lagi dibandingkan profesi lain. Pun anak-anak kecil yang saat ini justru diperkenalkan dengan gadget, entah untuk belajar atau sekadar bermain game sehingga menjadikan gadget seperti bagian utama dalam hidup di era kekinian. Segala sesuatu yang berlebihan ini juga akan menimbulkan efek yang tidak baik terhadap badan kita. Ketergantungan terhadap gadget yang sudah tidak terkendali berdampak pada cara tubuh kita merespons notifikasi gadget yang terkadang tidak mengenal waktu masuk ke dalam telepon genggam kita.

Salah satunya ketika pagi hari saat kita terbangun dari tidur dan mendengar notifikasi dari gadget yang bermunculan pasti akan memaksakan tubuh untuk lebih cepat bangun dan menyerap informasi yang didapat. Sedangkan sebenarnya, tubuh terutama otak kita belum siap merespons informasi yang kita baca, sehingga tidak jarang hal ini menimbulkan sakit kepala yang tiba-tiba muncul.

Oleh karena itu, ada baiknya ketika kita hendak beristirahat mematikan bunyi notifikasi atau lebih baik lagi mematikan data selular agar tidur kita tidak terganggu. Pun ketika bangun tidur ada baiknya, kita berhenti sejenak dengan merilekskan badan sebelum bangun dari tempat tidur.

2. Melakukan peregangan kecil

Ketika kita sedang tertidur pulas dan dibawah alam sadar, terkadang tubuh kita salah memposisikan badan hingga sering pegal-pegal setelah bangun tidur. Untuk meminimalisir hal ini, ada baiknya ketika kita hendak bangun dari tempat tidur, kita melakukan peregangan-peregangan kecil dan sederhana untuk mengembalikan tubuh ke posisi semula. Seperti contoh dengan menggelengkan kepala perlahan, menggerakkan kaki dan tangan ke atas dan ke bawah, serta mengambil napas agar semakin rileks. Melalui peregangan kecil ini nantinya diharapkan tidak terjadi ketegangan yang berkepanjangan.

3. Minum air mineral

Saat kita tidur, tubuh kita akan terasa seperti berpuasa karena tidak ada asupan makanan juga cairan yang masuk. Selanjutnya ketika bangun tidur tidak jarang tenggorokan akan terasa kering dan haus. Saat kita bangun dan merasakan haus ada baiknya kita segera mengambil air mineral atau lebih mudah lagi kita menyiapkan air mineral di samping tempat tidur sehingga lebih mudah dijangkau. Pun ketika kita tidak merasa terlalu haus, hal ini harus tetap dilakukan untuk mempersiapkan pencernaan kita sebelum menerima asupan berupa makanan sarapan nantinya. Air mineral yang kita konsumsi di pagi hari juga dapat membantu melancarkan peredaran darah yang baik untuk tubuh sehingga darah dalam tubuh tidak tersendat dan dapat mengalir dengan optimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak