facebook

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Growth Mindset

Nanik Writer
Ciri-ciri Orang yang Memiliki Growth Mindset
Ilustrasi mindset perempuan.(Pixabay.com/Geralt)

Untuk merancang dan meraih segala cita-cita dan tujuan hidup, kamu perlu untuk mengembangkan pemikiran yang terbuka. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah untuk menentukan apasaja yang hendak kamu capai dan bagimana cara mencapainya.

Berbeda dengan fixed mindset, growth mindset bisa membuatmu bertumbuh dan selalu berkembang dengan cara-cara unik versi terbaikmu. Karena growth mindset akan membawamu pada pola pikir yang positif dan optimis sehingga kamu bisa memandang dunia dengan sudut pandang yang berbeda. 

Kira-kira apa saja ciri-ciri orang yang memiliki pola pikir growth mindset? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kegagalan sebagai peluang meraih kesuksesan 

Orang yang memiliki growth mindset akan berpikiran luas dengan menganggap kegagalan sebagai satu batu loncatan untuk meraih apa yang ia cita-citakan. Bisa jadi kamu gagal di bidang A, tapi ternyata kamu berpeluang untuk berhasil di bidang B. Jadi, jangan cepat patah semangat ketika sedang mengalami kegagalan ya!

2. Menerima diri sendiri

Nyatanya menerima diri sendiri bukanlah satu hal yang mudah. Perlu keluasan dalam berpikir dan kedewasaan dalam bersikap. Namun kamu harus bisa untuk menerima dirimu apa adanya. Menerima dan mengakui segala kekurangan dan kelebihan yang melekat pada dirimu sendiri. Dengan begitu kamu bisa berkembang dengan cepat, karena kamu belum bisa diterima orang lain jika kamu sendiri belum bisa menerima dirimu sendiri apa adanya.

3. Fokus pada proses

Jangan pernah berfokus pada hasil yang akan kamu capai dari suatu hal yang kamu kerjakan. Tapi fokuslah pada proses yang tengah kamu lalui. Dengan begitu kamu akan mengerti seberapa berharga arti perjuangan dan seberapa penting kamu untuk bertahan.

4. Selalu berupaya untuk mengembangkan kualitas diri

Sibukkan dirimu dengan mengembangkan kualitas diri agar kamu semakin bertumbuh. Tak perlu sibuk untuk meminta pengakuan dari orang-orang disekitarmu, karena orang lain tak akan pernah mempedulikan seberapa keras kamu ingin diakui. Mereka hanya akan mengakui apa yang mereka lihat, bukan apa yang kamu alami.

Yuk terus bertumbuh dan jangan sampai rubuh, karena dunia membutuhkan dirimu untuk terus berkembang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak