facebook

Tips Memilih Kontrakan untuk Mahasiswa

Nanik Writer
Tips Memilih Kontrakan untuk Mahasiswa
Ilustrasi kontrakan nyaman (Pixabay.com/Stocksnap)

Sebagai mahasiswa rantauan, tentu kamu akan membutuhkan tempat tinggal selama menempuh pendidikan kuliahmu. Kamu bisa tinggal di kos, pondok pesantren, maupun memilih untuk mengontrak rumah bersama teman-teman. Selain sebagai kebutuhan primer, tempat tinggal memang menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan selama menempuh pendidikan. Salah satunya adalah mengontrak di sebuah rumah.

Ketika kamu memilih mengontrak sebuah rumah, kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada menyewa kamar kos. Karena pada umumnya kontrakan disewakan dalam jangka waktu per tahun sehingga kamu tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, dengan mengontrak kamu bisa menjadi lebih dekat dengan teman-temanmu satu kontrakan karena kehangatan di dalamnya sudah pasti seperti keluarga sendiri.

Namun, jika kamu memilih untuk mengontrak, adakalanya kamu harus mempertimbangkan dengan siapa kamu tinggal. Jangan sampai salah memilih teman karena akan berdampak pada ketidaknyamanan. Selain memperhatikan hal tersebut,kamu juga perlu mempertimbangkan 4 hal berikut ini sebelum mencari lokasi rumah. 

1. Cari informasi tentang kontrakan tersebut

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kalian harus memastikan dengan baik terkait dengan informasi lengkap rumah kontrakan yang akan kalian tuju. Mulai dari lokasi, fasilitas, akses ke tempat-tempat penting, listrik, air, keamanan, kebersihan, hingga detail-detail kecil lainnya. Jangan sampai kamu teledor dalam hal ini ya, karena saat ini banyak oknum yang membuka jasa kontrakan tipu-tipu!

2. Pertimbangkan jarak kontrakan dengan kampusmu

Hal ini perlu kau pertimbangkan agar kamu tidak terlalu jauh tinggal dari kampus. Pastikan memilih lokasi kontrakan dekat dengan kampus agar mempermudah mobilisasimu sebagai mahasiswa, sehingga kamu tidak akan kelabakan.

3. Datang langsung ke lokasi

Untuk memastikan kontrakan yang kamu  tuju benar-benar sesuai dengan keinginanmu, pastikan untuk mengecek keadaan rumah ke lokasi secara langsung. Dengan begitu, kamu akan mengetahui poin plus dan minusnya sebagai bahan pertimbangan. Selain itu, kamu juga akan semakin mudah untuk melakukan negosiasi dan menyampaikan hal-hal penting lainnya kepada pengelola rumah. Jika perlu, kamu bisa mengunjungi lokasi beberapa kali untuk mempelajari lingkungan sekitarnya.

4. Menawar harga

Pastikan kamu membicarakan masalah harga dengan pengelola rumah ya. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi miskomunikasi dan menghindari kesalahpahaman. Kamu juga perlu untuk menawar harga yang dipatok agar tidak terlalu mahal dan memberatkan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan etika tawar-menawar ya!

Itu dia empat hal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memilih rumah kontrakan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak