alexametrics

3 Alasan Penting Pakai Sportswear saat Olahraga, Bisa Bangun Mood

Lintang Larissya
3 Alasan Penting Pakai Sportswear saat Olahraga, Bisa Bangun Mood
Ilustrasi penggunaan sportswear.(Pexels)

Outfit untuk workout seringkali dianggap sepele, tidak jarang masih banyak yang tidak menggunakan pakaian khusus untuk olahraga meskipun melakukan olahraga di rumah. Bahkan di tempat gym, studio, atau di rumah, pakaian olahraga itu penting.

Banyak orang sering kali berpikir kalau untuk olahraga ringan tidak perlu menggunakan pakaian khusus yang penting adalah niat dan tekad yang kuat asalkan keluar keringat. Eits, pernyataan tersebut tidak semuanya salah ya, tapi alangkah baiknya jika olahraga juga menggunakan pakaian yang tepat. Riset mengatakan adanya korelasi kuat antara pakaian terhadap performa, motivasi, dan risiko cedera dari berolahraga. Apa saja sih? Yuk cari tahu!

1. Gerak tubuh tidak terbatasi

Hal yang paling terpenting saat berolahraga adalah nyaman. Keadaan yang nyaman akan membuat kamu fokus dan berkonsentrasi.

Apabila menggunakan pakaian yang memiliki bahan berat hingga membatasi gerak tubuh akan membuat distraksi yang menjadikan olahraga tidak maksimal dan hasil yang diperoleh tidak optimal.

Selain itu menggunakan kaus katun saat berolahraga akan mudah menyerap keringat yang akan membuat badan menjadi lembap, dan baju terasa berat tentunya bisa membuat kamu tidak leluasa dalam bergerak.

2. Bikin tambah semangat dan bangun mood

Pemakaian outfit workout yang tepat dapat berpengaruh pada motivasi, lho. Percaya tidak percaya, saat membeli sportswear seakan membangun sugesti untuk terus memakainya pada saat olahraga, maka saat berolahraga mood menjadi baik.

Selain itu untuk perempuan, memakai baju olahraga yang ketat dapat memperlihatkan bentuk tubuh, tentunya hal itu akan mendorong untuk terus bersemangat mencapai bentuk badan ideal.

3. Meminimalisir risiko cedera

Menggunakan pakaian olahraga yang tepat juga dapat meminimalisir terjadinya cedera. Contohnya penggunaan pakaian yang terlalu ketat akan membuat kesulitan bernapas, menghambat aliran darah, atau bahkan membuat otot menjadi tertarik, tentu hal itu akan membuat cedera yang tidak sepele. Pemilihan sepatu olahraga yang tepat juga sangat penting untuk melindungi kaki dari cedera.

Meskipun terlihat sepele, ternyata outfit workout yang sesuai juga mempengaruhi performa olahraga. Pastikan untuk memilih sportswear yang sesuai dengan fungsinya seperti nyaman saat digunakan, menyerap keringat, ringan, dan pas di badan. Kalau mood bagus, performa fisik juga akan meningkat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak