facebook

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Melibatkan Influencer untuk Promosikan Produk

hesti ya
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Melibatkan Influencer untuk Promosikan Produk
Ilustrasi influencer sedang membuat konten (Unsplash/Josh Rose)

Tahu kah kalian bahwa penggunaan influencer dalam mempromosikan sebuah produk mampu membantu produk kalian lebih dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut tentunya akan membuat banyak orang untuk mulai melirik produk kalian dan memungkinkan untuk melakukan pembelian terhadap produk kalian.

Berdasarkan laporan yang diberikan oleh Influencer Marketing Hub, 90% marketer percaya bahwa influencer marketing efektif untuk digunakan. Bahkan mereka berani menyisihkan budget marketing lebih banyak untuk influencer marketing.

Apabila kalian masih ragu untuk melakukan promosi melalui influencer, coba perhatikan beberapa hasil survei yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ini. Empat alasan ini mungkin dapat meyakinkan kalian mengapa harus menggunakan influencer untuk bisnis kalian:

1. Influencer membantu menjangkau audiens lebih luas

Melalui laporan 2020 Influencer Marketing Report yang dikeluarkan oleh Social Publi, diketahui bahwa 89% brand setuju bahwa influencer membantu menjangkau audiens selama pandemi. Peraturan untuk tetap berdiam diri di rumah selama pandemi, membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain social media. Berdasarkan data dari YouGov, penggunaan social media meningkat hingga 38% selama pandemi.

2. Mampu membantu meningkatkan penjualan

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub, dihasilkan bahwa sebuah bisnis akan mendapatkan penghasilan sebesar 5,20 dolar untuk setiap 1 dolar yang mereka keluarkan untuk influencer marketing. Dengan membayar influencer untuk mempromosikan produk kalian, hal tersebut dapat membantu kalian meningkatkan jumlah penjualan kalian.

3. Meningkatkan brand awareness dan kepercayaan

BrightLocal melakukan survei Local Consumer Review Survey pada tahun 2018, yang melaporkan bahwa 91% milenial memercayai online review, sama seperti mereka mempercayai review yang diberikan oleh teman dan keluarga mereka. Online review yang diberikan oleh influencer akan membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen. Sehingga hal tersebut mampu meningkatkan brand awareness.

4. Membantu menjaga reputasi brand

Social Public mengungkapkan bahwa 50% marketer menyetujui bahwa influencer mampu membawa dampak yang positif terhadap brand image. Berdasarkan data yang dirilis oleh Matter Communications, 61% orang cenderung percaya terhadap rekomendasi yang diberikan oleh teman, anggota keluarga, ataupun influencer di platform sosial. Ketika influencer mengungkapkan hal yang positif terhadap sebuah brand. Hal tersebut akan menimbulkan pandangan yang positif pula terhadap brand tersebut.

Apabila kalian bingung untuk memilih influencer siapa yang harus kalian pilih. Mungkin pemikiran ini bisa kalian jadikan patokan untuk memilih influencer.

1. Pilih influencer aktif berinteraksi dengan followers

Melalui Benchmark Report yang dikeluarkan oleh Influencer Marketing Hub, micro influencer (influencer yang memiliki sekitar 1.000 hingga 100.000 followers) memiliki keterlibatan dengan followersnya rata-rata 3,86%. Keterlibatan tersebut paling tinggi diantara jenis influencer lainnya. Apabila keterlibatan dengan followersnya tinggi, maka rasa percaya followers terhadap influencer akan lebih besar. Sehingga yang perlu kalian pilih yaitu influencer yang secara aktif berinteraksi dengan followers mereka.

2. Pilih influencer yang sesuai dengan citra brand kalian

Apabila brand kalian merupakan produk makanan maka, kalian dapat memilih influencer yang fokus membagikan konten makanan. Apabila produk kecantikan maka, kalian dapat memilih influencer yang tertarik dengan produk kecantikan. Hal ini bertujuan agar target pasar kalian sesuai dengan brand kalian.

3. Pilih influencer yang sudah tertarik dengan brand kalian

Influencer yang sejak awal sudah tertarik dengan brand kalian, sudah pasti akan memberikan review yang jujur terhadap brand kalian. Mereka akan bersemangat mempromosikan brand kalian karena brand kalian memang brand yang mereka suka.

Itulah beberapa alasan mengapa kalian harus melibatkan influencer untuk mempromosikan produk kalian dan beberapa tips untuk memilih influencer.

Sumber:

  • Databoks. (2020). Pandemi Tingkatkan Penggunaan Aplikasi Digital Asia Tenggara. Retrieved from Peningkatan Aplikasi saat Pandemi: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/08/31/pandemi-tingkatkan-penggunaan-aplikasi-digital-asia-tenggara
  • Influencer Marketing Hub. (2021). 100 Influencer Marketing Statistics For 2021. Diambil kembali dari https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-statistics/
  • Matternow. (2020). MATTER SURVEY REVEALS CONSUMERS FIND INFLUENCERS MORE HELPFUL AND TRUSTWORTHY THAN BRANDS DURING THE PANDEMIC. Retrieved from https://www.matternow.com/blog/matter-survey-reveals-consumers-find-influencers-more-helpful-and-trustworthy-than-brands-during-the-pandemic/
  • Social Publi. (2021). Influencer Marketing Statistics You Should Know in 2021. Retrieved from https://socialpubli.com/blog/influencer-marketing-statistics-2021/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak