facebook

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara, Segera Hentikan!

Diat Anugrah
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara, Segera Hentikan!
Ilustrasi Lalu Lintas (pexels.com)

Kendaraan bermotor sudah tidak lagi menjadi barang yang langka kita temukan sehari-hari. Berkendara juga menjadi kebiasaan masyarakat modern saat ini. Hal ini dilakukan untuk mempermudah sekaligus memprecepat perjalanan.

Pada dasarnya, sudah ada aturan baik tertulis maupun tidak tertulis mengenai tata cara berkendara, hal yang boleh serta tidak boleh dilakukan saat berkendara. Namun, banyak orang yang masih melanggar aturan tersebut. Entah karena tidak tahu, atau sudah tahu namun tetap bandel.

Berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara.

1. Bermain Ponsel

Larangan bermain ponsel saat berkendara sudah sangat sering disampaikan oleh berbagai pihak. Tapi pemandangan orang bermain ponsel saat berkendara masih saja sering kita temukan. Tidak jarang pula kecelakaan terjadi karena pengendara yang tidak fokus akibat bermain ponsel.

Saat berkendara, kita harus fokus pada jalan. Saat membuka ponsel, pengendara tidak dapat fokus dengan apa yang ada di depannya. Oleh karena itu, jika ada keperluan membuka ponsel, hendaklah berhenti dan menepi dahulu. Lebih baik mengeluarkan waktu sebentar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Merokok

Selain bermain ponsel, larangan hingga kecaman atas tindakan merokok saat berkendara sering disampaikan. Namun, masih saja banyak orang yang merokok di jalan saat berkendara. Mereka seakan tidak sadar bahwa tindakan tersebut sangat membahayakan orang lain.

Abu rokok yang dibuang begitu saja dapat membahayakan pengendara lain. Apalagi jika masih ada bara api yang menyala. Tidak jarang abu rokok tersebut dapat mengenai mata pengendara di belakangnya. Hal ini tentu sangat berbahaya. Selain dapat menyebabkan kecelakaan, juga dapat menyebabkan kebutaan.

3. Mengobrol dengan Orang di Kendaraan Lain 

Tidak jarang kita bertemu kenalan kita di jalan saat berkendara. Pertemuan tersebut membuat kita ingin mengobrol atau sekadar basa-basi. Namun bila ingin mengobrol, menepi dan berhentilah. Jangan mengobrol dengan orang di kendaraan lain sambil berkendara.

Tindakan mengobrol dengan orang di kendaraan lain selain dapat mengganggu pengendara lain, juga membuat pengendara tersebut menjadi tidak fokus. Hal ini dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

4. Melawan Arus

Jalan sudah diatur untuk arah tertentu. Hal ini supaya arus lalu lintas menjadi teratur dan lebih aman. Namun dengan berbagai alasan, masih banyak orang yang melawan arus tersebut. Biasanya dengan alasan mengurangi jarang dan mempercepat waktu tempuh. Padahal, tindakan ini sangat dilarang karena membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

5. Melanggar Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas dipasang bukan sekadar sebagai aksesoris, tetapi untuk keamanan dan kelancaran lalu lintas. Namun, banyak pengendara bamdel yang mengabaikan dan melanggar rambu-rambu tersebut. Padahal selain dapat terkena sanksi tilang, melanggar rambu-rambu juga merupakan tindakan yang berbahaya.

Demikianlah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara, tetapi masih banyak dilakukan. Tetap patuhi aturan agar selamat di jalan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak