facebook

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Anang wan
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit
Ilustrasi jeruk nipis. (pixabay/aleksandra85foto)

Jeruk nipis mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun, manfaat jeruk nipis untuk wajah belum banyak diketahui oleh orang banyak, dari mengurangi jerawat sampai mencerahkan kulit.

Biasanya jeruk nipis digunakan untuk campuran makanan karena menambah cita rasa menjadi lebih segar dan nikmat. Di samping itu, jeruk nipis memiliki manfaat yang baik lho, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Walaupun jeruk nipis memiliki rasa yang asam manis dan jarang dikonsumsi oleh orang secara langsung. Jeruk nipis memiliki manfaat baik lho, salah satunya kesehatan.

Jeruk nipis sendiri rendah akan kalori serta mengandung banyak vitamin. Dari vtamin A, vitamin C, B, dan E, serta mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan wajah.

Berikut ini, sehatq telah merangkum lima manfaat jeruk nipis untuk kesehatan wajah.

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Manfaat jeruk nipis pertama adalah dapat mengatasi serta mencegah jerawat pada wajah anda. Dengan jeruk nipis, anda bisa membersihkan wajah anda dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi yang di dapat dari jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, mengungkapkan bahwa jeruk nipis berfungsi sebagai antibiotik alami untuk wajah.

2. Mengencangkan pori pori kulit

Manfaat berikutnya yang diperoleh dari jeruk nipis adalah dapat mengencangkan pori pori kulit. Hal ini dikarenakan jeruk nipis bersifat astringen. Astrigen sendiri berfungsi mengencangkan pori pori kulit dan juga mengurangi kelebihan produksi minyak pada wajah.

3. Memanjakan kulit

Salah satu manfaat jeruk nipis lainnya adalah memanjakan kulit. Jeruk nipis mengandung vitamin C, antioksidan, dan flavonoid yang berguna mendukung fungsi kolagen sehingg dapat memanjakan kulit.

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah dapat mengengkat sel kulit mati. Jeruk nipis mengandung asam nitrat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Dengan begitu, hal ini dapat membuat kulit anda menjadi lebih cerah.

5. Mencerahkan kulit

Manfaat jeruk nipis juga dapat mencerahkan kulit. Karena jeruk nipis dipercaya sebagai zat pencerah alami yang dapat mencerahkan kulit. Terutama untuk bekas jerawat dan bintik hitam.

Nah, itulah lima manfaat jeruk nipis untuk wajah. Semoga bermanfaat, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak