facebook

5 Tips Membangun Batasan Sehat dalam Hubungan Asmara, Kamu dan Pasangan Perlu Tahu!

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Membangun Batasan Sehat dalam Hubungan Asmara, Kamu dan Pasangan Perlu Tahu!
Ilustrasi hubungan asmara yang sehat. (freepik)

Keberadaan hubungan asmara toxic yang semakin banyak mungkin membuatmu enggan memiliki pasangan. Padahal, ada berbagai tips untuk membangun batasan sehat di dalam hubungan asmara, lho. Nah, berikut ini 5 poin-poin tersebut yang bisa kamu dan pasangan coba.

1. Berani Mengatakan Tidak

Tidak jarang seseorang memiliki sifat "enggak enakan" sehingga sulit untuk menolak permintaan apa pun, termasuk dari pasangan. Kamu rela melakukan sesuatu di luar kemampuan bahkan yang bisa memicu sakit hati demi menjaga perasaannya.

Menjalani hubungan asmara dengan sikap seperti itu tentu bukan sebuah hal baik. Guna menjadikannya lebih sehat, kamu perlu berani mengatakan tidak. Sebelum orang lain, kamu harus memikirkan perasaanmu sendiri. Jika dirasa dapat membuatmu tertekan, jangan menerimanya.

2. Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Sebelum membuat batasan sehat dalam hubungan asmara, kamu dan pasangan perlu sama-sama mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Proses ini bisa dibilang sangat penting untuk pondasi hubunganmu dengannya.

Tujuan melakukan hal tersebut agar mengetahui apa-apa saja yang disukai serta tidak disukai. Dengan begitu, batasan akan lebih mudah dibentuk. Hubungan juga menjadi semakin harmonis berkatnya. 

3. Mampu Saling Menghargai

Membuat batasan sehat juga dapat dibentuk dengan sikap saling menghargai. Contoh, sama-sama bisa menerima keputusan dan kekurangan masing-masing. Jika tidak, maka hubungan akan sulit menemukan kenyamanan.

Nantinya, kamu selalu memandang keburukan atau sisi negatif pasangan, seolah menyesal memilihnya sebagai teman hidup. Saat tahu kamu belum bisa menghargainya, kemungkinan besar ia akan merasa tertekan bahkan menjadi kurang percaya diri.

4. Jangan Sering Menyalahkan Diri

Dikarenakan terlalu cinta, seseorang juga sering menyalahkan dirinya sendiri demi kesenangan dan kepuasan pasangan. Sikap seperti ini nyatanya membuat hubungan yang kamu jalani berubah menjadi toxic.

Hubungan baik tentu diisi oleh mereka yang sama-sama saling memahami. Contoh, mau mengakui kesalahannya dan bukan melimpahkan hal tersebut kepada pasangan. Bukannya bahagia, satu pihak justru sering merasa tertekan dan tidak nyaman.

5. Mengetahui Batasan yang Sudah Dibuat

Usai membuat berbagai batasan sehat bersama pasangan, kamu wajib ingat serta usahakan jangan sampai sengaja melewatinya. Hal ini dikarenakan rasa candu yang mungkin muncul saat mulai mencoba menerobos hingga membuatmu ingin terus-terusan melakukannya.

Misal, melakukan sentuhan fisik yang mengarah pada aktivitas seksual. Menurut beberapa ahli, perilaku tersebut seringkali membuat seseorang ketagihan karena dapat memicu rasa senang. Oleh karena itu, jika sudah membuat batasan tidak akan mencoba hal ini bersama pasangan, perlu diingat untuk menjauhinya.

Itulah lima tips membangun batasan sehat dalam sebuah hubungan asmara. Apakah kamu dan pasangan sudah menerapkannya saat ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak