facebook

Dianggap Pencitraan? Ini Ada 5 Cara Membangun Personal Branding

Krisna Fariz
Dianggap Pencitraan? Ini Ada 5 Cara Membangun Personal Branding
Ilustrasi personal branding.[Pexels/Alena Darmel]

Personal branding akan sangat membantu kamu ketika ingin dikenal oleh publik dan juga mereka akan lebih segan bila bertemu atau bahkan ngobrol dengan kamu. Tidak hanya itu, masih banyak lagi keuntungan yang kamu dapatkan dari membangun personal branding. Ada 5 cara membangun personal branding , mari simak ulasan berikut ini :

1. Kenali Dirimu

Cara pertama dan wajib kamu ketahui adalah dengan mengenali dirimu sendiri. Setelah mengetahui siapa dirimu, kamu diwajibkan untuk berintrospeksi setiap saat apabila kelemahan kamu bisa merugikan dirimu sendiri dan juga orang-orang disekitar.

Dengan kamu berintrospeksi, kamu akan mengerti bagaimana menghargai dirimu sendiri dan juga orang lain. Setelah itu temukan sisi unik pada dirimu yang akan kamu gunakan untuk personal branding. Jangan terlalu sering menunjukan kelemahan kamu kepada publik, karena hal tersebut dapat menurunkan pasaran kamu secara drastis. Bungkus dirimu dengan baik, agar orang lain mau berteman dengan kamu.

2. Selalu Belajar

Belajar yang dimaksud adalah belajar apapun yang bisa membuatmu jadi lebih baik. Karena persaingan sangatlah ketat, jadi kamu seharusnya selalu belajar seperti mengasah soft skill dan hard skill yang baru. Dengan begitu kamu bisa bersaing dengan baik dan lebih baik lagi kamu memiliki nilai beda di hadapan publik. Karena dalam belajar kamu dapat berinovasi, berimprovisasi dan bervariasi.

3. Speak-up

Jika kamu ingin personal brandingmu segera terbangun, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan berani speak up. Dengan menjadi orang yang lebih vokal, dirimu akan dilihat oleh publik dan saat publik menerima kamu berarti personal branding yang sudah kamu bangun telah sampai ke publik.

4. Professional

Pantaskan dirimu di hadapan publik dan selalu menjadi orang yang professional. Kamu bisa merenungi sendiri arti kata profesional. Apabila kamu sudah bisa jadi orang yang profesional, orang-orang akan secara langsung menaruh hati kepada kamu. Apalagi di dunia kerja, profesional sangat dibutuhkan.

5. Attitude

Tingkah laku harus kamu perhatikan, belajarlah untuk menjadi pribadi yang tidak sombong, tidak serakah, tidak munafik dan lain sebagainya. Dalam membangun personal branding, kamu harus menghindari sifat-sifat buruk seperti mudah mengeluh, cepat puas, pesimis, pemalu, malas belajar, jarang bergaul dan takut mencoba.

Itu tadi lima cara membangun personal branding yang bisa segera kamu terapkan, apabila sudah diharapkan kamu bisa meningkatkan skill-mu itu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak