facebook

5 Cara agar Bisa Konsisten Melakukan Kebiasaan Baru

Krisna Fariz
5 Cara agar Bisa Konsisten Melakukan Kebiasaan Baru
Ilustrasi konsisten.[pexels.com/ANTONI SHKRABA]

Konsisten seringkali dikait-kaitkan dengan sikap dan kebiasaan manusia, Terutama yang berhubungan dengan sikap komitmen yang menjadi kunci kesuksesan hidup. Dengan kata lain, semua pengetahuan, bakat, dan keberuntungan tidak akan ada artinya tanpa adanya konsistensi. Ini ada lima cara agar bisa konsisten dengan kebiasaan baru , yuk langsung di simak ulasan berikut ini :

1. Buat Rencana untuk Setiap Kebiasaan

Hanya berkata bahwa kamu ingin konsisten melakukan hal baru tidak membuat kamu bisa melakukannya. Sebab, manusia punya insting untuk tidak melakukan hal baru apabila hal tersebut tidak berpotensi terhadap sesuatu yang ada di otaknya. Untuk itu, buatlah sebuah rencana untuk setiap kebiasaan baru. Cara tersebut bahkan bisa memberi efek yang besar apabila ada orang lain yang lebih dulu berhasil, Kebanyakan orang dapat konsisten melakukan kebiasaan baru apabila sudah ada contoh.

2. Konsisten Terhadap Setiap Rencana

Dalam buku Outliers: The Story of Success, penulis Malcolm Gladwell menerangkan tentang teori 10.000 jam. Teori tersebut mengatakan bahwa untuk menjadi ahli seseorang membutuhkan latihan dengan konsisten selama 10.000 jam. Sepuluh ribu jam adalah angka ajaib untuk seseorang.

3. Berlatih untuk Sabar

Kesabaran adalah hal yang penting jika kamu ingin melihat hasil dari perilaku baru, Tidak jarang orang kembali ke cara lama apabila bertemu dengan kegagalan. Begitulah, mereka akan terus melakukan itu sampai gagal dan akan mengusahakan pola yang lain. Padahal pola tersebut tak sepenuhnya benar, Yang benar adalah konsisten bersabar hingga hal positif yang baru menjadi sebuah kebiasaan.

4. Tolak Perasaan Kamu

Setiap kali kamu melakukan sesuatu yang berat, dan tidak sesuai , dalam hati kamu pasti berkata "Ah, aku enggak suka, aku enggak mau ". Perkataan tersebut pasti aku terus berulang ulang. Namun ayo ambil kesimpulan , mungkin 90% orang tidak suka bekerja, dan saat bekerja pasti suara tersebut akan terngiang-ngiang. Tapi tidak ada cara lain selain menolak mentah-mentah perasaan itu. Harus bisa mengendalikan perasaan itu, karena kamu mengerti kekuatan konsistensi.

5. Evaluasi secara Berkala

Konsisten juga membutuhkan penilaian terhadap apa yang kamu inginkan di masa depan, Untuk itu lakukanlah evaluasi secara berkala. Dengan itu kamu akan mengetahui perkembangan yang telah dicapai, Begitu juga masalah-masalah yang harus kamu perbaiki untuk proses berikutnya.

Jadi, itulah lima cara agar bisa konsisten dengan kebiasaan baru yang bisa segera kamu terapkan dan apabila dari lima cara tersebut sudah kamu lakukan , diharapkan kamu bisa meningkatkan konsistensimu itu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak