facebook

5 Cara Menjaga Pikiran agar Selalu Positif

Krisna Fariz
5 Cara Menjaga Pikiran agar Selalu Positif
ilustrasi pikiran positif. (pexels.com/Greta Hoffman/krisnafariz)

Hati-hati dengan apa yang kamu pikirkan karena pikiranmu akan mementukan msasa depanmu.Nah disini ada 5 cara menjaga agar pikiran mu selalu positif dengan begitu masa depanmu akan cerah dan jelas.

Penasaran dengan 5 cara ini ? Yuk langsung di simak ulasan berikut ini :

1. Selalu bersyukur

Saat melihat portal berita atau media sosial, tidak sedikit berita-berita negatif yang bertebaran. Tanpa disadari, semua itu masuk di pikiran bawah sadar dan hal itu dapat mempengaruhi emosi pembacanya. Kebahagiaan adalah hal yang personal dan subjektif. Meski demikian, informasi yang diterima juga memiliki pengaruh dalam membentuk konklusi dan emosi. Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. ingat kembali bahwa ada banyak kebahagiaan yang sebenarnya masih bisa dirasakan hingga saat ini.

2. Lebih Sering Tersenyum

Orang yang selalu tersenyum saat mengerjakan tugas yang berat dan melelahkan cenderung lebih positif dalam menikmati setiap prosesnya. Hal ini berbeda dengan orang yang tanpa ekspresi, Apalagi cemberut dalam menyikapi. Senyuman mampu menipu pikiran dan mendorongnya ke arah yang lebih positif. Jika pikiran negatif datang menghampiri, cobalah untuk menepisnya dengan senyuman. Cara berfikir positif yang satu ini terbukti ampuh mengusir pikiran negatif sebelum berkembang menjadi lebih besar.

3. Berpikiran Terbuka

Mereka yang berpikiran terbuka cenderung lebih jarang memiliki pikiran negatif. Ada keyakinan bahwa selalu ada hal positif dalam setiap kejadian. Saat dihadapkan pada hal buruk, cara berfikir seperti ini juga sangat membantu. Alih alih merasa terpuruk, Orang yang berpikiran terbuka akan memilih untuk melihatnya dari perspektif yang lebih positif.

4. Selalu Optimis

Pikiran yang negatif terlahir dari pikiran yang pesimistis. Entah itu pengalaman buruk atau pengalaman yang sebenarnya baik, Mereka yang pesimistis cenderung memandang hal dari sisi negatif. Saat dihadapkan pada kejadian yang kurang menyenangkan, cobalah untuk lebih optimis. Berusaha meyakini bahwa akan ada hal baik dibalik setiap kemalangan akan membantu untuk berfikir positif. Disamping itu, optimistis juga memiliki energi besar yang sangat bermanfaat untuk menjalani hidup.

5. Hindari Drama

Berfikir positif memang terasa sulit saat dihadapkan pada kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan. Dalam kondisi seperti ini, sangat manusiawi jika orang merasa terpuruk dan diliputi pikiran-pikiran negatif. Apapun situasinya, playing victim bukanlah hal yang sehat. Menempatkan diri sebagai orang yang paling malang di dunia justru akan memperparah keadaan. karena itulah, hindari drama. Cara berfikir seperti ini akan membuat hidupmu jadi lebih baik dan bahagia.

Jadi, itu tadi lima cara menjaga agar pikiran selalu positif, diharapkan kamu bisa menerapkan cara tersebut dan menghilangkan pikiran negatif karena itu akan sangat berpengaruh terhadap hidupmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak