facebook

5 Alasan Konsumen Menolak Produk yang Kamu Tawarkan, Salah Satunya Isu Reputasi

Diat Anugrah
5 Alasan Konsumen Menolak Produk yang Kamu Tawarkan, Salah Satunya Isu Reputasi
Ilustrasi penolakan. (Pexels/Monstera)

Penolakan konsumen terhadap suatu produk yang kita tawarkan, tidak mungkin tanpa alasan. Alasan tersebut sepatutnya harus kita cari tahu lebih dalam agar dapat memperbaiki pelayanan kedepannya. 

Jangan pernah ragu untuk menanyakan alasan ketika konsumen menolak produk yang kita tawarkan. Nah, beberapa alasan yang biasanya mendasari seseorang untuk menolak barang yang kita tawarkan adalah seperti di bawah ini.

1. Harga terlalu mahal

Harga menjadi faktor utama yang membuat seseorang mengambil keputusan untuk menerima atau menolak sebuah produk. Makanya, sangat penting untuk memberikan informasi seputar produk yang dijual sejelas mungkin. 

Misal harga kita di atas harga pasar, maka kita harus menjelaskan keunggulan apa yang kita miliki jika dibandingkan dengan produk lain yang memiliki harga lebih murah. Sehingga orang akan mempertimbangkan keunggulan tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan.

2. Belum membutuhkan

Belum merasa butuh juga kerap kali digunakan oleh konsumen untuk menolak membeli sebuah produk. Namun hal tersebut bisa menjadikan kita memperbaiki target pasar. Misalnya jika kita menjual obat kesehatan. Oleh orang yang masih berumur 25-35 mungkin kebanyakan dari mereka belum merasa butuh. Kita harus mencoba kepada target lain, misalnya lansia.

3. Tidak suka sikap sales

Jangan salah, sikap sales juga bisa mempengaruhi konsumen, lho. Misalnya sales yang terlalu cerewet bahkan terkesan memaksa tentu akan membuat konsumen merasa tidak nyaman.

Dengan begitu, kita harus memberikan pelayanan yang lebih baik. Bagaimana caranya agar dengan waktu yang tersedia kita bisa menjelaskan tentang produk dengan sejelas-jelasnya, tapi tidak ada sikap terlalu cerewet seolah sedang memakasa.

4. Isu reputasi yang jelek

Ketika hendak membeli tentu seorang konsumen akan mencari informasi terkait pihak yang akan bertransaksi dengannya. Apalagi sekarang, marak penipuan dengan segala macam modus yang digunakan. 

Biasanya, seseorang akan mencari informasi dari keluarganya maupu tetangga yang sudah pernah mengambil produk tersebut. Jika reputasi sebuah produk sudah jelek, maka akan berpengaruh kepada orang-orang yang mencari tahu. Hasilnya, orang tersebut tidak jadi membeli.

5. Sudah punya langganan

Alasan terakhir konsumen menolak produk yang kamu tawarkan, karena sudah memiliki langganan. Biasanya, konsumen yang sudah memiliki langganan cenderung malas untuk mencoba produk baru dari orang lain. Entah karena memang sudah cocok dengan harga dan kualitas produk tersebut, maupun karena tidak enak dengan sales langganannya. 

Nah itulah lima alasan konsumen menolak produk yang kamu tawarkan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak