facebook

5 Cara agar Terhindar dari Perilaku Drunkorexia, Salah Satunya Mengetahui Batasan Diri

ALIMMUL FATTAH
5 Cara agar Terhindar dari Perilaku Drunkorexia, Salah Satunya Mengetahui Batasan Diri
Ilusatrasi meminum minuman beralkohol. (pexels)

Drunkorexia merupakan istilah yang dipakai dan popular di kalangan anak muda untuk menyebut mereka yang mengurangi asupan kalori demi mengonsumsi minuman beralkohol. Istilah yang belum disahkan oleh badan Kesehatan manapun ini sebenarnya berasal dari ketakutan seseorang terhadap kenaikan berat badan karena konsumsi minuman beralkohol. Umumnya, orang yang mengalami drunkorexia adalah perempuan, tapi tidak menutup kemungkinan jika pria juga mengalami hal yang sama.

Para pengidap drunkorexia tidak akan makan sebelum pergi ke bar, hal itu bertujuan untuk menyeimbangkan kalori Ketika mereka mengonsumsi alkohol. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan, karena dapat berpengaruh buruk bagi Kesehatan. Berikut ini, hallosehat melansir 5 cara agar terhindar dari perilaku drunkorexia.

1. Tetap makan teratur

Salah satu cara agar terhindar dari perilaku drunkorexia, adalah dengan makan secara teratur. Perut yang kosong karena asupan makan yang dibatasi sebelum mengonsumsi alkohol bisa membuat Anda menjadi terlalu lapar dan cenderung makan berlebihan meskipun sudah larut malam. Tubuh membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak setiap hari agar tetap berfungsi. 

2. Mengetahui Batasan

Mencegah perilaku drunkorexia juga dapat dilakukan dengan mengetahui batasan terhadap tubuh Anda sendiri. Artinya, Anda perlu merencanakan dan memastikan asupan alkohol yang akan diminum hari itu agar terkontrol dengan baik. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi cairan tubuh non alkohol seperti air putih.

3. Memilih jenis minuman dengan cermat

Kabar baiknya, ada beberapa minuman beralkohol yang hanya mempunyai sedikit tingkat kalori. Perilaku drunkorexia sebenarnya bisa dicegah dengan membatasi jumlah minuman yang dikonsumsi agar asupan kalori tetap terjaga.

Apabila Anda khawatir dengan minuman alkohol yang Anda konsumsi, periksa kembali kadar kalori yang terkandung pada setiap jenis minuman. Sebagai contoh, minuman alkohol yang dicampur dengan bir akan meningkatkan jumlah kalori didalamnya.

4. Rutin berolahraga 

Bagi Anda yang terbiasa membatasi asupan kalori demi minum alkohol dan berolahraga ekstrim setelahnya, sebaiknya untuk segera mengurangi kebiasaan tersebut. Olahraga memanglah penting, tetapi harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan teratur.

Rutin berolahraga dan makan teratur dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar, sehingga dapat mengurangi risiko bahaya minum alkohol secara berlebih.

5. Mencari bantuan

Cara atau tips terakhir agar terhindar dari perilaku drunkorexia adalah dengan mencari bantuan. Cobalah untuk meminta saran dan dorongan dari teman atau keluarga untuk menjalani gaya hidup yang sehat, bila perlu konsultasikan dengan dokter mengenai apa yang Anda keluhkan.

Itulah lima cara agar terhindar dari perilaku drunkorexia. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak