facebook

Kerap Tak Dianggap, Ini 5 Tanda sedang Mengalami Invisible Child

Nanik Writer
Kerap Tak Dianggap, Ini 5 Tanda sedang Mengalami Invisible Child
Ilustrasi Inner Child (Pixabay.com/Mohammed_Hassan)

Menjadi seorang invisible child atau anak yang tidak dianggap pastinya terasa sangat menyakitkan. Sekeras apapun usaha yang dilakukan tak pernah ada nilainya di mata orang tua. Sebagus apapun prestasi yang tak pernah diakui apalagi dipuji oleh orang tua. 

Padahal kamu sudah berusaha sekuat hati dan pikiran. Bahkan mengorbankan kesehatan tubuh hanya untuk membanggakan kedua orang tua dan menunjukkan bahwa kamu berguna. Nyatanya kamu masih sama, selalu tak dianggap. 

Sakit memang, apalagi pelakunya adalah orang-orang yang kita sayangi. Seharusnya begitu sebaliknya. Kadang, kita dianggap selalu salah, selalu di nomor duakan sehingga kamu tak pernah mendapatkan perhatian dari kedua orang tua.

Dibanding-bandingkan sudah menjadi makanan sehari-hari, diabaikan, dimarahi, dicurigai, dan semua stigma negatif yang menjadi busanamu sehari-hari di mata orang tua. Mungkin kamu belum menyadari bahwa kamu sedang mengalami hal tersebut. Tapi tak ada salahnya jika kamu berusaha mengenali contoh sederhana apakah kamu termasuk sebagai anak dengan label invisible child atau tidak. Yuk, simak ulasan berikut ya!

1. Setinggi apapun prestasimu, tak akan dianggap

Apakah kamu sering dipuji oleh kedua orang tuamu saat kamu meraih juara kelas, perlombaan, atau prestasi-prestasi lainnya? Apakah orang tuamu mendukung perkembangan akademik dan akademikmu? Apakah mereka tertarik dengan informasi kemenanganmu? Jika tidak, jangan sedih ya!

2. Pendapatmu tidak penting

Kalau kamu selalu menjadi anggota keluarga yang pasif, atau dalam artian tak pernah dilibatkan dalam diskusi keluarga minimal pembahasan sederhana sehari-hari, itu artinya mungkin saja pendapatmu memang tidak diperlukan oleh keluargamu.

3. Pernah ditanya bagaimana perasaanmu?

Apakah keluargamu peduli dengan apa yang kamu rasakan? Apakah mereka mempertimbangkan bagaimana reaksi emosimu ketika mereka memutuskan segala sesuatu tanpa bertanya padamu?

4. Perlakuan berbeda dengan saudara kandung

Jika keluargamu memberikan perlakuan yang berbeda antara kamu dengan saudaramu yang lain, coba deh tanyakan ulang, hal apa saja yang membuat munculnya perlakuan berbeda tersebut.

5. Sudah berusaha mandiri tapi tetap diperlakukan berbeda

Jika kamu sudah bekerja dan membantu keluarga padahal kamu masih perlu untuk dibiayai keluargamu dan sering merasa kesulitan namun keluargamu tetap tak mempedulikanmu, cobalah untuk mencintai dirimu sendiri dan sesekali pergilah berlibur!

Demikian lima hal yang mungkin bisa menandakan bahwa kamu tengah mengalami invisible child. Tetap semangat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak