facebook

Harus Ditepati, Ini 4 Tips saat Membuat Janji

Zulfa Aulia Nurfaiza
Harus Ditepati, Ini 4 Tips saat Membuat Janji
Ilustrasi pasangan yang sedang berdiskusi(pexels.com/PavelDanilyuk)

Friends, siapa yang masih sering lupa saat sedang memiliki janji? Sekali dua kali mungkin masih dianggap maklum, tapi ketika lupa menepati janji sudah terlalu sering sampai menjadi kebiasaan bisa gawat. Terlebih saat seseorang mampu menepati janjinya maka orang lain akan segan dan senang untuk mengajaknya bekerja sama. Tentu jika dipikirkan untuk jangka panjang hal ini dapat menguntungkan sekali karena menepati janji ini artinya kita bertanggung jawab atas apa yang telah kita sepakati sebelumnya.

Ada hal lain yang bisa kita peroleh saat kita dapat menepati janji, yakni orang akan mempercayakan kita untuk hal-hal besar yang siapa sangka mampu merubah kehidupan kita menjadi lebih baik. Untuk itu friends, yuk ubah kebiasaan pikun akan janji menjadi selalu menepati janji. Banyak media yang bisa kita manfaatkan sebagai pengingat kita ketika memiliki sebuah janji. Simak tips selengkapnya berikut ini!

1. Menandai pesan

Hal ini dapat dilakukan ketika kita membuat janji lewat chat atau pesan singkat. Sebagai contoh chat pada platform WhatsApp yang umumnya digunakan oleh masyarakat luas saat ini. Terdapat kemudahan menandai pesan menggunakan tanda bintang agar tidak terhapus dan lebih singkat untuk langsung kita temukan pada opsi pesan berbintang. 

2. Alarm

Di era modern yang serba mengandalkan teknologi saat ini, rasanya kita selalu dimudahkan dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Tak terkecuali memasang waktu pengingat agar dapat tersimpan di ponsel yang selalu kita bawa kemana-mana.

Dengan fitur alarm yang dimiliki oleh ponsel saat ini, kita bisa dengan mudah mengatur waktu agar lebih efisien, dan tentunya sangat berguna bagi kalian yang mudah lupa. Saat membuat janji, pastikan langsung mengatur alarm untuk mengingatkan pada hari tanggal dan jam yang telah disepakati. Dengan begitu kalian tidak akan terlewatkan untuk memenuhi janji yang sudah kalian buat tersebut.

3. Fitur kalendar ponsel

Tips ketiga yakni mencatat pada kalendar ponsel yang kinerjanya hampir sama dengan alarm ponsel. Kalian dapat menandai sesuai bulan, tanggal, hari bahkan sebagian kalendar canggih mampu sekaligus menyimpan waktu untuk mengingatkan kalian akan agenda tiap harinya.

4. Cara manual

Tidak cukup mengandalkan ponsel, kalian juga dapat mencatat janji tersebut secara manual dengan menuliskan pada kertas berwarna menyala agar lebih mudah menarik perhatian kalian di setiap waktu. Setelah kalian tuliskan pada kertas berwarna, tempelkan pada ruangan yang sering dan mudah untuk dijangkau. Dengan seringnya melihat kertas tersebut maka lama kelamaan kalian akan teringat sendiri oleh janji yang kalian buat. 

Itulah empat tips sederhana yang mungkin terkesan remeh tapi sangat berguna bagi kalian yang mungkin sering pelupa atau pikun. Semoga membantu dan jangan lupa diterapkan ya, friends!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak