facebook

6 Tips Menjaga Cinta dan Keharmonisan dengan Pasangan

Annisa Zahrotun Nafiah
6 Tips Menjaga Cinta dan Keharmonisan dengan Pasangan
ilustrasi pasangan harmonis (pexels/Anastasiya lobanovskaya)

Membangun rumah tangga bagaikan membangun sebuah rumah. Jika suami berperan sebagai fondasi, maka istri adalah tiangnya. Jika menginginkan rumah yang kokoh, maka harus didasari fondasi yang kuat dan tiang yang kokoh.

Menjalani kehidupan ini bagaikan berlayar di tengah lautan. Suami sebagai nakhoda harus memiliki tujuan. Ke mana dia akan membawa kapalnya berlayar. Tak jarang tingginya ombak dan badai bisa menghantam kapal kapan saja. Diperlukan keseimbangan dan perkiraan cuaca yang jelas agar tetap selamat sampai tujuan.

Kedua ilustrasi di atas sama persis ketika kita membangun sebuah rumah tangga. Bagaimana kita harus tetap menjaga keharmonisan, dan merawat cinta kepada pasangan. Berikut adalah 6 tips yang bisa diterapkan dalam berumah tangga:

1. Mengetahui hak dan kewajiban masing-masing

Suami dan istri harus paham apa kewajiban mereka sebelum menuntut haknya. Beberapa kewajiban suami adalah memberi nafkah baik lahir maupun batin, mendidik istri, memberi tempat tinggal, pakaian, dan makanan. Sedangkan kewajiban istri adalah taat kepada suami. Jika hal ini dipahami masing-masing, tidak akan ada kesenjangan suami dan istri. Suami istri akan tetap rukun dan harmonis.

2. Saling membantu

Saling membantu dalam semua pekerjaan, akan membuat kamu dan pasangan tambah harmonis. Cobalah untuk beberes rumah berdua atau masak berdua. Kamu akan merasakan hal yang berbeda. Suami istri itu harus berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Tidak ada istilah ini tugasku dan itu tugasmu. Kalau seperti itu, yang ada hanyalah perasaan iri dan dengki sama pasangan kita. Jadi saling membantu bisa tetap menjaga keharmonisan pasangan.

3. Minta maaf dan memaafkan

Namanya juga manusia, pasti pernah berbuat salah. Meminta maaf tidak akan membuat kita hina. Begitu pun memaafkan, tidak akan membuat kita sengsara. Bukankah memendam dendam adalah penyakit hati? Apalagi dengan pasangan kita, yang sejak awal pernikahan sudah memiliki komitmen untuk terus bersama. Minta maaf tidak harus menunggu tahu siapa yang salah, memaafkan juga tidak perlu menunggu  yang salah minta maaf. Jika ini diterapkan dalam berumah tangga, pastilah hanya cinta dan keharmonisan yang didapat.

4. Mengingat kebaikan, melupakan keburukan

Setiap manusia pasti memiliki sifat baik dan buruk. Begitu pun kita dan pasangan kita. Tapi, ada baiknya kita melupakan keburukan pasangan dan mengingat setiap kebaikannya saja. Jika kita terus mengingat keburukan, yang ada hanya rasa sesal dan kesal dengan pasangan kita. Tapi, kalau kita hanya mengingat kebaikan, hanya cinta yang kita rasakan.

5. Memperbarui cinta setiap saat

Kenapa memperbarui? Ya, karena kita hidup di dunia ini dengan berjuta-juta manusia. Manusia yang penuh hawa nafsu. Tidak dipungkiri, terkadang ada sedikit ketertarikan kepada lawan jenis. Bisa teman kerja, tetangga atau teman sosial media. Itulah kenapa memperbarui cinta kepada pasangan suatu keharusan. Agar kita tidak terjebak dengan hawa nafsu dunia yang bisa meruntuhkan rumah yang susah payah kita bangun.

6. Berdoa

Jika tips sebelumnya adalah usaha kita sebagai makhluk, maka tips terakhir adalah berdoa. Percaya kan kalau doa itu bisa mengubah takdir? Berdoa agar kami dan pasanganmu tetap cinta dan mencintai. Berdoa agar selalu diberi sakinah, mawaddah wa rahmah. Karena kehidupan di dunia selalu ada campur tangan Sang Pencipta.

Itulah enam tips dari menjaga cinta dan keharmonisan dengan pasangan. Mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan. Ingatlah pasanganmu bukan malaikat yang sempurna. Kamu sendiri yang akan melihatnya sempurna atau tidak. Tips di atas bisa juga dibaca bersama pasanganmu. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak