facebook

Susahnya Menjadi Pribadi yang Sensitif, Selalu Serba Salah di Mata Orang Lain

Nanik Writer
Susahnya Menjadi Pribadi yang Sensitif, Selalu Serba Salah di Mata Orang Lain
Ilustrasi Pendiam (pixabay)

Menjadi orang yang memiliki kepribadian sensitif memang tidaklah mudah. Diperlukan tenaga ekstra untuk bisa menjaga hati agar tidak rapuh. Apalagi, kamu akan menemukan orang-orang toxic yang mungkin saja akan membuat diri semakin terpuruk. Alih-alih menjaga hatimu agar tetap sehat, orang-orang toxic justru akan semakin menyerangmu dengan berbagai komentarnya yang kerap menyakitkan.

Memang, hidup di dunia yang sangat sensitif ini tidaklah mudah buat kamu yang berkepribadian sensitif. Akan banyak rintangan yang akan kamu hadapi, misalnya beberapa hal berikut ini:

1. Dicap baperan

sensitif bukan berarti kamu baperan. Namun, bagi orang-orang yang tidak mengerti dan memahami pasti akan mengecap kamu sebagai orang yang baperan. Parahnya, mereka tidak akan mempedulikan perasaanmu dan akan semakin mengorek luka untuk kamu yang dianggapnya terlalu baperan.

2. Lemah

Keadaanmu yang mudah sensitif terhadap berbagai hal seringkali dicap dengan tanda kelemahan. Kamu akan dipandang sebelah mata dan direndahkan hanya karena mudah peka terhadap perasaan. Untuk menjaga mentalmu tetap aman, sebaiknya hindari orang-orang seperti ini.

3. Dicap tidak profesional

Karena mudah sensitif dan stres, seringkali orang di sekitarmu akan menganggap kamu sebagai orang yang tidak profesional. Mereka akan meremehkanmu dan mungkin akan semakin senang memperlakukanmu dengan semena-mena. 

4. Dianggap sama dengan introvert

Orang yang tidak memahami jenis-jenis kepribadian pasti akan menganggap kamu sebagai seorang introvert. Padahal, kamu hanya memiliki perasaan yang lebih peka saja, bukan berarti kamu adalah seorang introvert.

5. Dianggap orang aneh bahkan gangguan mental

Terkadang orang akan menganggap kamu sebagai orang yang aneh, atau parahnya akan dianggap sebagai pengidap gangguan mental. Padahal, jika mempelajari psikologi, kamu akan dapat membedakan antara sensitif dengan gangguan mental.

Memang banyak anggapan orang yang kerap kali menumbangkan mentalmu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengabaikan mereka. Hal ini perlu kamu lakukan demi menjaga kesehatan mental kamu. Terlebih, orang-orang toxic tersebut tidak mengetahui apa saja tentang dirimu dan apapun yang sudah kamu lewati sejauh ini. Tetap menjadi diri sendiri dan tetap kuat ya kamu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak