facebook

5 Cara Menjadi Teman Baik untuk Seseorang dengan Kepribadian Introvert, Wajib Dicoba!

Habil Samsuri
5 Cara Menjadi Teman Baik untuk Seseorang dengan Kepribadian Introvert, Wajib Dicoba!
Ilustrasi seorang introvert. (Pexels/AndreaPiacquadio)

Kalau seorang ekstrovert dikenal dengan kepribadian yang terbuka, banyak bergaul, dan banyak berbicara. Seorang introvert sebaliknya, cenderung lebih pendiam, pemalu, dan tertutup. Selain itu ada anggapan orang-orang tentang sifat seorang introvert, seperti tidak mau bergaul atau antisosial. Namun, itu semua salah. Introvert juga ingin berteman baik dengan orang lain, tetapi terkadang ia lebih menyukai dan membutuhkan waktu untuk sendiri.  

Seorang introvert cenderung sangat berhati-hati dalam memilih teman. Itulah mengapa dia susah untuk banyak menghabiskan waktu dengan banyak orang. Begitupun bagi orang lain yang ingin berteman dengan seorang introvert yang mungkin membutuhkan waktu dan usaha lebih agar bisa sekadar hangout dengannya. Nah, berikut 5 cara menjadi teman yang baik untuk si introvert yang wajib kamu coba!

1. Menjadi Pendengar Baik Untuknya

Lebih banyak mendengarkan daripada banyak bicara, membuat seorang introvert merasa nyaman dan membantunya bahwa kamu benar-benar tertarik dengan pembicaraannya. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu juga akan membantu seorang introvert mengeluarkan isi pikirannya yang selama ini hanya tertahan di dalam kepalanya. 

Jangan pernah kamu mengkritik ceritanya tanpa alasan. Kamu juga bisa mengajaknya berdiskusi atau bertukar pikiran tentang suatu hal. Sesekali kamu juga boleh memberinya saran, asalkan masih masuk akal, ya.

2. Mengerti Saat Dia Ingin Sendiri

Seperti yang dikatakan di awal, seorang introvert lebih senang menghabiskan waktunya sendiri. Jangan pernah kamu memaksa atau mendadak mengajaknya bertemu. Kamu harus tahu dan bisa menghargai bahwa seorang introvert juga butuh ‘me time.’ Jangan juga kamu menghakimi saat dia lebih memilih banyak menghabiskan waktu sendiri. Menjadi temannya yang baik, kamu bisa mengerti dan menunggu sampai dia siap untuk bertemu. 

3. Jangan Ajak ke Tempat Ramai

Seorang introvert terkadang memiliki rasa cemas dan terbebani saat berada di keramaian. Coba kamu usahakan jangan mengajaknya ke dalam kerumunan, kamu bisa ke tempat-tempat yang tenang dan memiliki suasana yang damai. 

Seperti yang kita tahu, introvert akan merasa nyaman berada di lingkup yang sempit, hanya ada orang-orang yang ia kenal saja. Hal-hal yang sering dicemaskan pada beberapa introvert, seperti saat ia bertemu dengan orang baru atau berada di lingkungan yang asing baginya.

4. Bantu Dia Keluar Dari Zona Nyaman

Sering kali, seorang introvert takut untuk mencoba hal baru. Akan lebih baik jika introvert melakukan apa yang sering dilakukan para ekstrovert. Oleh karena itu, kamu bisa membantunya memperluas zona nyamannya, mulai dari hal-hal kecil seperti perkenalkan dia ke beberapa teman kamu yang lain, atau bantu dia lebih berpartisipasi dalam acara sosial ataupun forum diskusi suatu kelompok. Asalkan tidak membuatnya merasa tidak nyaman, ya. Kamu juga harus tahu batasan ketika ia butuh waktu untuk menerima semua ajakanmu.

5. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah salah satu peran penting dalam suatu hubungan, termasuk pertemanan. Permasalahan yang sering terjadi karena kurangnya komunikasi adalah salah paham antara satu sama lain. Jika ada suatu masalah, harap diselesaikan dengan sebaik mungkin. Sebab, seorang dengan kepribadian introvert memilih untuk kamu mengajaknya membahas suatu persoalan terlebih dulu.

Tidak hanya dari sisi seorang introvert saja, kamu juga butuh untuk memberi tahu apa yang kamu butuhkan dari dia. Seperti memintanya untuk sering bertemu, atau komunikasi lewat chat. Dengan komunikasi yang setimpal, suatu pertemanan akan terasa lebih erat. 

Itulah kelima cara yang harus kamu perhatikan jika ingin berteman baik dengan seorang introvert. Jangan membuatnya terbebani dan merasa kamu tidak baik untuknya. Semoga kamu berteman baik dengan si introvert dan orang lain, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak