facebook

4 Cara Membangun Kepercayaan Setelah Diselingkuhi Pasangan, Cari Tahu Penyebab Sebenarnya

Joni Herwanto
4 Cara Membangun Kepercayaan Setelah Diselingkuhi Pasangan, Cari Tahu Penyebab Sebenarnya
Ilustrasi pasangan kekasih. (pexels/AndreaPiacquadio)

Jika pasangan kamu selingkuh memang sangat menyesakkan, terlebih ketika kamu masih sangat sayang dan berharap segala sesuatunya dapat kembali seperti sedia kala. Meskti tidak mudah, pilihan akan tetap ada di tangan kamu.

Jika pasangan kamu tidak menunjukkan niat baik dengan meminta maaf, melangkahlah maju dan tinggalkan pasanganmu sendiri. Namun, jika kamu masih ingin berjuang dengan memperbaiki hubungan asmara ini, berikut empat cara membangun kembali kepercayaan setelah diselingkuhi pasangan.

1. Tetapkan Batasan

Selingkuh yang pasangan kamu lakukan itu nyata. Jadi, sebelum memikirkan orang lain, pikirkan terlebih dahulu diri kamu sendiri dan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Tidak terkecuali, hal yang kamu rasa perlu lakukan agar selingkuh yang dilakukan oleh pasangan tidak akan kembali terulang.

Kemudian, utarakan perasaan kamu pada pasangan. Kamu hanya perlu komunikasikan dengan baik. Sehingga apa pun yang menjadi pemikiran kamu dapat diketahui oleh pasangan dengan baik.

2. Definisikan Ulang Hubungan Kamu dengan Pasangan

Selain itu, untuk membangun kembali kepercayaan setelah diselingkuhi pasangan, kamu juga perlu mendefinisikan ulang hubungan dengan pasangan. Kamu bisa memulainya dengan merenungkan cara apa yang dapat mengubah hubungan asmara, agar rasa insecure karena takut diselingkuhi dapat hilang dari dalam diri. Lakukan apa pun yang kamu rasa perlu untuk dilakukan guna untuk menyelamatkan hubungan asmara kamu dengan pasangan.

3. Cari Tahu Apa yang Sebenarnya Terjadi

Salah satu trauma besar para korban perselingkuhan dalam hubungan asmara, adalah mengulas kembali cerita perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan. Meski begitu, beranikan diri untuk tetap melakukannya. Karena cepat atau lambat kamu perlu mengambil cara ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi.

4. Lihat dari Sudut Pandang Pasangan

Agar kepercayaan pada pasangan dapat segera kembali, tampaknya kamu perlu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Walau hal ini agak membuat kamu memaafkan pasangan dengan begitu saja, tetapi cara ini dapat membantu kamu lebih mengerti mengapa pasangan selingkuh. Sehingga, kamu juga dapat melakukan refleksi diri.

Itulah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa membangun kembali kepercayaan setelah diselingkuhi oleh pasangan. Tentu tidak mudah, tapi jika kamu masih ingin mempertahankan hubungan asmara, keempat hal di atas harus kamu lakukan. Namun, ingat, pertimbangkanlah secara matang karena keempat cara di atas tidak menjamin pasanganmu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak