facebook

4 Cara Ini Bisa Digunakan untuk Mengajari Anak Menabung Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!

Keza Felice
4 Cara Ini Bisa Digunakan untuk Mengajari Anak Menabung Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi ibu dan anak menabung. (Unsplash)

Menabung bukan hanya untuk orang dewasa saja, bukan? Kenyatannya anak-anak juga perlu diajari menabung sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar anak mempunyai kemampuan dalam mengelola keuangan. Sehingga saat mulai beranjak dewasa, mereka akan terhindar dari kesulitan finansial di masa depan.

Ini menjadi salah satu tanggung jawab bagi orang tua untuk mengajak sekaligus mengajarkan anak untuk menabung sejak dini. Meskipun kelihatannya tidak mudah, tapi orangtua tidak perlu terlalu cemas, sebab tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Membelikan Celengan yang Menarik dan Lucu

Salah satu cara sederhana untuk membuat anak lebih senang dan semangat menabung yaitu dengan membelikan celengan yang bentuk serta motifnya lucu dan menarik. Biasanya anak kecil sangat suka dengan suatu hal yang lucu dan menarik, seperti karakter kartun favoritnya atau juga celengan berbentuk hewan. Apabila ini dilakukan, secara tak langsung orangtua sudah membantu serta mendukung anak agar lebih semangat dalam menabung.

2. Menjelaskan Manfaat dan Tujuan Menabung

Hal yang tak boleh dilewatkan saat orang tua ingin mengajari anaknya untuk menabung ialah menjelaskan kepada anak mengenai manfaat serta tujuan menabung itu sendiri. Orang tua dapat menjelaskan pada anak bahwa jika saat menginginkan suatu hal, seperti mainan dan lainnya, maka dia harus menyisihkan uang jajan untuk ditabung sedikit demi sedikit. Dengan begitu anak akan mulai belajar berhemat serta meminimalisir pengeluarannya untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan dalam waktu yang lebih cepat.

3. Mengajak Anak Menabung di Bank

Ternyata salah satu cara efektif untuk membuat anak lebih semangat dalam menabung adalah dengan mengajak anak ke bank secara langsung saat orangtua ingin menabung. Ini akan menjadi contoh yang baik untuk anak. Dan secara perlahan anak pasti akan mulai tertarik untuk memiliki tabungan sendiri sebagaimana yang dimiliki orangtuanya.

Terlebih lagi karena saat ini bank juga sudah mulai membuka rekening untuk anak-anak yang cukup umur. Orang tua tentu bisa membantunya dalam membuat rekening atas nama anak. Dengan begitu menabung akan terjadi secara rutin. Bahkan, orangtua juga dapat membuat jadwal tetap untuk menabung ke bank bersama anak.

4. Memberikan Hadiah Jika Anak Berhasil Mencapai Target Menabung

Orang tua juga perlu membuat target menabung untuk anaknya. Apabila anak berhasil mencapai target tersebut, orangtua bisa memberikan reward atau hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat dan kerja keras anak. Tentu saja anak akan merasa bahwa usahanya dihargai oleh keluarganya. Hal ini juga menjadi salah satu cara yang ampuh supaya anak semakin semangat untuk menyisihkan uang jajannya dan menabung.

Empat tips sederhana di atas bisa membantu orang tua dalam mengajarkan anak untuk menabung sejak dini. Meskipun begitu, orang tua harus tetap bersikap sabar karena terkadang anak mudah merasa bosan dengan kegiatan yang dia lakukan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak